The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berkat Squid Game, Peminat Kursus Bahasa Korea Meningkat di Dunia
Serial Netflix Squid Game. (photo/Instagram/@squidgame_netflix)
News

Berkat Squid Game, Peminat Kursus Bahasa Korea Meningkat di Dunia

Senin, 11 Oktober 2021 22:34 WIB 11 Oktober 2021, 22:34 WIB

INDOZONE.ID - Sejak penayangan serial Netflix 'Squid Game' tayang, minat belajar bahasa Korea jadi meningkat. Bahkan obsesi global terhadap budaya Korea Selatan mulai dari hiburan hingga produk kecantikan juga ikut meningkat.

Duolingo Inc yang merupakan layanan belajar bahasa, Senin (11/10), menyebutkan serial tersebut mendorong murid pemula dan murid lainnya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.

Dikutip dari Reuters, Duolingo melaporkan ada 76 persen kenaikan pengguna baru yang ingin belajar bahasa Korea di Inggris dan 40 persen di Amerika Serikat selama dua pekan setelah penayangan Squid Game.

Seperti yang diketahui. Korea Selatan telah mengukuhkan diri sebagai hub hiburan global dengan budaya populer seperti grup BTS hingga film pemenang Oscar "Parasite" serta film "Minari".

Baca juga: Terjadi Kerusuhan di Arena Gulat PON XX Papua, Televisi Rusak Gegara Ditendang

Bahkan pekan ini, Oxford English Dictionary menambah 26 kata baru asal Korea, termasuk "hallyu" atau gelombang Korea, istilah yang mendeskripsikan kesuksesan global musik, film, TV, fesyen dan makanan Korea Selatan.

"Bahasa dan budaya secara intrisik terhubung dan apa yang terjadi di budaya populer dan media kerap mempengaruhi tren bahasa dan pembelajaran bahasa," kata juru bicara Duolingo Sam Dalsimer dalam surel.

"Peningkatan popularitas global musik, film dan televisi Korea meningkatkan permintaan belajar bahasa Korea."

Ada sekitar 77 juta orang yang bicara bahasa Korea di dunia, berdasarkan data Korea Foundation for International Cultural Exchange.

Duolingo mengatakan ada lebih dari 7,9 juta pengguna aktif yang belajar bahasa Korea, bahasa yang perkembangannya paling cepat kedua setelah bahasa Hindi.

King Sejong Institute yang dijalankan oleh kementerian kebudayaan Korea Selatan, memiliki sekitar 76.000 siswa di 82 negara tahun lalu, sebuah perkembangan pesat dari hanya 740 siswa di tiga negara pada tahun 2007.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US