Peristiwa 25 April: Terusan Suez Dibangun hingga Hari Malaria Sedunia

- Minggu, 25 April 2021 | 10:59 WIB
Terusan Suez. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Terusan Suez. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Tanggal 25 April memiliki sederet peristiwa menarik untuk dikulik. Mulai dari dibangunnya Terusan Suez di Mesir hingga pendirian Republik Maluku Selatan (RMS).

Apa saja peristiwa menarik lainnya? Simak ulasannya dirangkum Indozone, Minggu (25/4/2021).

1. Terusan Sues Mulai Dibangun (1859)

-
Terusan Suez. (REUTERS)

Terusan Suez merupakan terusan kapal sepanjang 163 km yang berada di Mesir. Terusan Suez menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Pembangunan dilakukan pada 25 April 1859 atas prakarsa insinyur Prancis bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps dan selesai serta diresmikan pada 17 November 1869.

2. Republik Maluku Selatan (RMS) Didirikan (1950)

-
Christian Robert Steven Soumokil. (Wikipedia)

Pada tahun 1950 Christian Robert Steven Soumokil memproklamasikan pendirian Republik Maluku Selatan (RMS) di Ambon, Maluku. Pulau-pulau terbesarnya adalah Pulau Seram, Ambon, dan Buru. RMS dibubarkan pada Desember 1963. Namun kemudian pemerintah RMS mengungsi ke Seram dan mendirikan pemerintahan dalam pengasingan di Belanda pada 1966.

3. Tito Vilanova Meninggal Dunia (2014)

-
Tito Vilanova. (REUTERS/Albert Gea)

Mantan pesepakbola Spanyol dan eks pelatih FC Barcelona, Tito Vilanova meninggal dunia setelah menderita kanker kelenjar ludah sejak November 2011 dan tumor. Ia meninggal pada usia 45 tahun setelah beberapa bulan mengundurkan diri dari jabatan manajer di Barcelona.

BACA JUGA: Sajadah Jadi Temuan Kepingan KRI Nanggala 402, Sempat Viral Foto Kru Kapal Selam Salat

4. Hari Malaria Sedunia

-
Ilustrasi nyamuk. (Pexels/Jimmy Chan)

 

Tanggal 25 April juga diperingati sebagai Hari Malaria Sedunia. Hari Malaria berawal dari Afrika yang pada 2001 yang tujuannya untuk menilai progres pengendalian malaria dan upaya mengurangi angka kematian akibat penyakit tersebut. Kemudian pada 2007 Hari Malaria di Afrika diusulkan menjadi Hari Malaria Sedunia. Malaria sendiri merpakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles atau Culex.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X