Kapolda Sebut Helikopter Sempat Tertembak Saat Evakuasi Korban di Ilaga

- Selasa, 27 April 2021 | 17:20 WIB
Tim tehnisi di Timika, nampak sedang memperbaiki helikopter milik TNI-AD yang tertembak, Selasa (27/4) saat mengevakuasi korban kontak senjata di Kabupaten Puncak. (photo/ANTARA/HO/pihak ketiga)
Tim tehnisi di Timika, nampak sedang memperbaiki helikopter milik TNI-AD yang tertembak, Selasa (27/4) saat mengevakuasi korban kontak senjata di Kabupaten Puncak. (photo/ANTARA/HO/pihak ketiga)

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyebutkan bahwa helikopter TNI-AD yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi, Selasa (27/4), sempat tertembak saat mengudara ketika mengevakuasi korban kontak senjata di Illaga, Papua.

"Memang benar helikopter milik TNI-AD namun tidak berpengaruh fatal sehingga tetap membantu evakuasi korban yang gugur dan terluka. Helikopter tersebut saat ini sudah berada di Timika," aku Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri kepada Antara, Selasa (26/4) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan, memang saat hendak mengevakuasi korban baku tembak helikopter sempat ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan terkena di bagian bawahnya.

Proses evakuasi korban tetap berlangsung dan saat ini sudah berada di Timika, jelas Fakhiri seraya mengatakan kontak tembak yang terjadi di markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara itu menyebabkan satu personel Brimob yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi meninggal akibat luka tembak.

Baca juga: Gubernur Bali Minta Masyarakat Terus Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Dua personel lainnya yakni Ipda Anton Tonapa mengalami luka tembak di punggung, dan Bripka M Syaifudin terluka tembak di perut, dan keduanya sudah ditangani tim medis di RSUD Timika.

Ketika ditanya tentang lima anggota KKB yang dilaporkan tewas, Kapolda Papua mengaku masih belum bisa memastikan karena menunggu laporan lengkap.

"Memang ada informasi lima KKB tewas dalam kontak tembak namun belum dipastikan karena masih menunggu laporan sementara anggota masih melakukan di lapangan, " ungkap Irjen Pol Fakhiri.

Baku tembak terjadi mulai sekitar pukul 08.00 wit di sekitar markas Lumawi, kampung Makki, antara Satgas Nemangkawi dengan KKB.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X