Isu Babi Ngepet di Depok Dipastikan Hoaks, Penyebarnya Hanya Ingin Tenar

- Kamis, 29 April 2021 | 15:32 WIB
Pelaku penyebar hoaks babi ngepet. (Istimewa)
Pelaku penyebar hoaks babi ngepet. (Istimewa)

Isu adanya makhluk babi ngepet di Sawangan, Depok ternyata hanyalah hoaks semata. Ya, cerita yang beredar ternyata hanyalah cerita fiktif. Penyebar hoaksnya adalah Ustaz Adam Ibrahim dan saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Ustaz Adam bekerjsama dengan delapan orang. Mereka mengarang cerita seolah-olah babi ngepet tersebut benar dan memang nyata adanya. aat ini, polisi baru menetapkan satu orang tersangka.

Berdasarkan keterangan Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar, Ustaz Adam sengaja membuat berita hoaks tersebut karena ingin tenar atau menjadi terkenal.

Rencana cerita fiktif tersebut bahkan sudah dibuat sejak sebulan yang lalu dibantu warga lain dan orang-orang terdekatnya. Soal darimana asal babi tersebut, polisi mengatakan bahwa Ustaz Adam membelinya lewat online lewat kominitas pecinta kucing seharga Rp900 ribu.

"Saudara Adam Ibrahim kemudian melakukan pembelian seekor babi melalui online dari komunitas kucing Depok, senilai Rp 900 ribu dengan ongkos kirim Rp 200 ribu," kata Imran, Kamis (29/4/2021).

Setelah dibeli, Adam meletakkan babi tersebut di dalam rumah. Lalu pada tengah malam, ia mulai melakukan aksinya dan membuat warga setempat heboh.

Ustaz Adam kemudian menyebar informasi bahwa ada manusia yang berubah wujud menjadi babi ngepet. Warga saat itu juga langsung mempercayainya karena sebelumnya tidak pernah melihat bagaimana proses penangkapan tersebut.

"Saksi tidak ada yang mengetahui dan melihat secara langsung terkait dengan peristiwa berubahnya seorang manusia menjadi seekor babi, hanya berdasarkan cerita dari saudara ustaz Adam Ibrahim,"

Para saksi rupanya hanya melihat hewan yang diklaim sebagai babi ngepet tersebut saat sudah di dalam kandang yang sudah disiapkan Ustaz Adam.

"Bahwa pada saat penangkapan, para saksi hanya melihat seekor babi yang berada di sekitar kandang yang ternyata telah disiapkan oleh saudara ustaz Adam di sebelah rumahnya," kata Imran.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X