Pesan DPR untuk Calon Panglima TNI Andika Perkasa: Tetap Jaga Kekompakan!

- Jumat, 5 November 2021 | 13:15 WIB
Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.)
Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.)

Komisi I DPR RI akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test kepada calon Panglima TNI Jendral Andika Perkasa besok, Sabtu 6 November 2021. Diharapkan fit and proper test tersebut membuahkan hasil Panglima TNI terbaik. 

“Yang capable dan kompeten untuk membawa TNI menjadi kekuatan pertahanan yang unggul dan hebat,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Puan mengatakan, Panglima TNI ke depan harus memastikan tugas pokok TNI berjalan baik sebagai alat pertahanan. Terpenting adalah bisa mewujudkan kekuatan TNI yang disegani negara lain.

Baca Juga: Ini Rangkaian Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Andika Perkasa

“Kita ingin panglima TNI yang baru nanti bisa mewujudkan kekuatan TNI yang disegani di kawasan,” kata Puan.

Puan menambahkan, tantangan TNI makin besar karena kita tidak hanya menghadapi ancaman perang fisik (face to face) tetapi juga ancaman perang cyber yang menggunakan kemajuan tekhnologi, kecerdasan buatan, robotik, dan senjata presisi tinggi.

Apalagi dengan semakin intensnya dinamika globalisasi dan situasi pasca Pandemi, serta tantangan dalam bidang pertahanan yang semakin dinamis.

“Seorang Panglima TNI dituntut mampu mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis dan mampu membuat terobosan-terobosan baru yang bukan business as usual dalam mewujudkan TNI yang profesional dan modern dalam rangka menjamin tetap tegakknya kedaulatan negara yang dicintai rakyat,” paparnya.

Puan mengatakan, Panglima TNI harus menjaga soliditas internal demi menjaga NKRI. Dia pun mengutip pesan Bung Karno yaitu angkatan bersenjata Republik Indonesia harus kompak dan bersatu.

“Kepada TNI, kita harus selalu ingat pesan Bung Karno, bahwa Angkatan Bersenjata Republik Indonesia harus kompak dan bersatu. Dan satu-satunya dasar agar supaya Angkatan Bersenjata Republik Indonesia berkompak satu ialah dasar Pancasila. Kalau memakai dasar lain daripada Pancasila, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia akan terpecah belah. Pegang teguh akan hal ini, saudara-saudara,” tandas Puan.

Sebelumnya diwartakan Komisi I DPR RI akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap calon Panglima TNI Andika Perkasa pada hari Sabtu 6 November 2021. Hal tersebut diputuskan usai Komisi I menggelar rapat internal Komisi I DPR.

“RDPU dengan calon Panglima TNI dilakukan Sabtu, 6 November pukul 10.00. Sifat terbuka untuk visi misi, kecuali untuk hal-hal strategis,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X