Mensesneg Tepis Tudingan Pertemuan dengan Andika Perkasa Jadi Tanda Pemilihan Panglima TNI

- Rabu, 3 November 2021 | 15:24 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. (ANTARA/HO/TNI AD)
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. (ANTARA/HO/TNI AD)

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah jika pertemuannya dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa jelang Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun, sebagai salah satu jalan memuluskan langkah sebagai Panglima TNI.

Adapun Pratikno sempet mengunjungi Mabes AD pada Oktober lalu. Pratikno sempat berkeliling halaman Mabes AD dan berolahraga bersama Andika.

"Saya bertemu Pak Andika itu urusan lain. Jadi saya bertemu Pak Andika awal September, yang mampir di gym beliau, itu kita tidak membicarakan itu membicarakan hal lain," urai Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Mengenai posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang kosong jika Andika menjadi Panglima TNI, Pratikno menuturkan bahwa sampai sekarang ini belum ada pemilihan sosok sebagai KSAD.  Namun, pengisian jabatan KSAD akan segera disiapkan.

"Belum, nanti ada saat pergantian panglima pelantikan nah itu tentu saja harus segera pengisian Kasad yang baru," jelas Pratikno.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jendral Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang baru untuk menggantikan peran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.  Bahkan surat presiden (surpres) sudah dikirimkan oleh Presiden Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Adapun surat tersebut diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani. Di mana Presiden Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Presiden dalam suratnya hanya mengajukan satu nama, presiden telah menyampaikan surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X