Anies Pamer Tingkat Kemacetan di Jakarta Turun Selama 5 Tahun Terakhir

- Rabu, 2 Maret 2022 | 15:11 WIB
Kiri: Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. (INDOZONE) Kanan: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Kiri: Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. (INDOZONE) Kanan: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan Jakarta mengalami penurunan tingkat kemacetan sejak 2017. Hal tersebut diklaimnya berdasarkan data yang dirilis oleh TomTom Traffic Index. 

Pasalnya, dalam data yang dikeluarkan TomTom Traffic Index, tingkat kemacetan di Jakarta selama kurun waktu 5 tahun turun dari posisi empat hingga ke peringkat 46 sebagai kota termacet di dunia.

“Bayangkan, dari peringkat empat, dalam waktu lima tahun kita turun dari posisi keempat kota termacet di dunia. Sekarang kita posisi 46 di dunia,” kata Anies youtube Pemprov DKI yang dikutip Rabu, (2/3/2022).

Anies menjelaskan, dalam waktu setahun, tingkat kemacetan lalu lintas di Jakarta turun dari peringkat ke empat menjadi ke-7. Setahun kemudian, turun lagi ke peringkat 10, hingga akhirnya pada 2019 dan 2020 turun pesat ke peringkat 31. 

“Ini bukan hanya karena pekerjaan kami di pemerintahan tapi juga karena adanya keinginan para warga untuk berubah atau mengubah rutinitas harian ke dalam pendekatan yang lebih sustainable,” ungkapnya.

BACA JUGA: Viral Macet Total di Jalur Puncak Bogor, Ternyata Ini Penyebabnya

Sementara itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebutkan pihaknya juga tengah berupaya untuk mempercepat upaya clean mobility di Jakarta, termasuk ke arah kendaraan listrik.

Menurut Anies, hal tersebut akan dilakukan bertahap dengan mengganti armada transportasi umum menjadi elektrik dan selesai pada 2025. 

“Setelah itu kami pastikan, sebagian besar wilayah di DKI bebas emisi pada 2030. Itu yang kami janjikan,” tandas Anies. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X