Pertama Kali Dalam Hampir 20 Tahun, AS Melaporkan Kasus Cacar Monyet di Texas

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 15:17 WIB
Ilustrasi virus. (Pexels/Anna Shvets)
Ilustrasi virus. (Pexels/Anna Shvets)

Untuk pertama kalinya dalam hampir dua dekade, kasus langka cacar monyet terdeteksi di Texas, AS, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada hari Jumat, laporan dari Live Science. Pasien adalah warga AS yang baru kembali dari Nigeria beberapa hari lalu.

Orang tersebut saat ini dirawat di rumah sakit dalam isolasi di Dallas. CDC bekerja dengan maskapai penerbangan dan badan kesehatan negara bagian dan lokal untuk menghubungi penumpang maskapai dan orang lain yang mungkin telah melakukan kontak dengan pasien selama dua penerbangan.

Lagos, Nigeria, ke Atlanta pada 8 Juli, dengan kedatangan pada 9 Juli; dan Atlanta ke Dallas pada 9 Juli.

Pejabat pemerintah mengatakan satu-satunya kasus cacar monyet tidak perlu dikhawatirkan dan tidak menimbulkan ancaman bagi masyarakat umum.

Penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox ini belum terdeteksi di AS sejak wabah tahun 2003 yang melibatkan 47 orang. Wabah itu dilacak ke anjing padang rumput peliharaan di Midwest yang menyimpan virus.

Meskipun cacar monyet juga dapat ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan, CDC mengatakan kemungkinan hal itu terjadi dalam kasus ini rendah, karena mengenakan masker wajib di penerbangan karena kasus Covid-19, sehingga mengurangi risiko patogen menyebar ke penumpang atau pelancong lain dari cairan pernapasan yang tersuspensi di udara.

Monkeypox adalah penyakit virus yang langka namun berpotensi serius sebagian besar terjadi di bagian terpencil Afrika Tenggara dan Barat, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Virus ini hidup pada hewan, termasuk primata dan hewan pengerat, tetapi kadang-kadang dapat 'melompat' dari hewan ke manusia.

Kondisi ini biasanya dimulai dengan penyakit flu dan pembengkakan kelenjar getah bening dan berkembang menjadi ruam luas  di wajah dan tubuh. Umumnya infeksi belangsung dua hingga empat minggu.

Monkeypox berada dalam keluarga virus yang sama dengan cacar tetapi menyebabkan infeksi yang lebih ringan.

Virus bisa menyebar dari orang ke orang terutama melalui paparan tetesan pernapasan, yang dapat masuk ke tubuh melalui selaput lendir di mata, mulut dan hidung.

Monkeypox juga dapat ditularkan ketika seseorang melakukan kontak dengan lesi atau cairan tubuh yang terinfeksi, secara tidak langsung dapat tertular cacar monyet dari kontak dengan pakaian atau linen yang terkontaminasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X