The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Penanganan Pandemi di ASEAN, Kanada Kucurkan Dana 3,5 Juta Dolar
Ilustrasi. Seorang petugas kesehatan menyiapkan jarum suntik dengan dosis vaksin COVID-19 Sinovac di Rumah Sakit Geriatri Bang Khun Thian di Bangkok, Thailand 21 April 2021. (photo/REUTERS/Athit Perawongmetha/ilustrasi)
News

Dukung Penanganan Pandemi di ASEAN, Kanada Kucurkan Dana 3,5 Juta Dolar

Rabu, 05 Mei 2021 18:37 WIB 05 Mei 2021, 18:37 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Kanada mengucurkan dana bantuan senilai 3,5 juta dolar atau sekitar Rp50 Miliar untuk pendanaan penanganan COVID-19 oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang diumumkan Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Diedrah Kelly.

“Pada hari ini, Kanada mengumumkan kontribusinya terhadap kerangka kerja respon terhadap pandemi COVID-19 ASEAN sebesar 3,5 juta dolar yang berlangsung selama lima tahun, yang akan menyediakan bantuan yang berguna untuk 10 negara anggota ASEAN,” kata Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Diedrah Kelly, dalam wawancara dengan ANTARA dari Jakarta, Rabu (5/5) dikutip dari ANTARA.

Dia menjelaskan bahwa pendanaan tersebut dapat mendukung upaya negara-negara ASEAN dalam berbagai upaya dalam menghadapi pandemi, termasuk untuk mendapatkan alat-alat medis yang dibutuhkan seperti alat tes dan diagnosa, alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan, serta vaksin dan obat-obatan terapeutik.

“(Bantuan) itu juga akan mendukung koordinasi dan pengembangan riset terkait COVID-19 seperti virologi dan imunologi dan riset penting lainnya guna mencegah penyebaran pandemi yang lebih besar, serta untuk merespon pandemi di masa depan,” papar Dubes Kelly.

Baca juga: Detik-detik Tangan Bocah Terjepit Pintu Lift Bikin Semua Orang Panik, Bagini Akhirnya

Dia meyakini bahwa peningkatan kapasitas para profesional di bidang kesehatan dan pekerja medis yang berada di garda terdepan dan respon darurat merupakan prioritas utama.

Upaya komprehensif yang dilakukan melalui kerangka kerja pemulihan komprehensif ASEAN diyakini telah menunjukkan kemajuan dan sumbangan Kanada terhadap upaya tersebut dan diharapkan dapat menjadi dorongan bagi inisiatif regional itu.

Adapun dana tersebut akan disalurkan secara langsung melalui Sekretariat ASEAN, di mana di dalamnya terdapat mekanisme koordinasi yang merespon terhadap prioritas-prioritas yang telah diidentifikasi.

Menurut Dubes Kelly, hal tersebut memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan yang paling mendesak dapat dipenuhi guna melindungi populasi yang paling rentan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US