Jangan Takut Melapor, Polri Janji Tindak Tegas Premanisme di Seluruh Indonesia

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:00 WIB
Penangkapan preman pelaku pungli (Dok. Polres Metro Jakbar)
Penangkapan preman pelaku pungli (Dok. Polres Metro Jakbar)

Kadiv Humas Polri,  Irjen Pol Argo Yuwono menegaskan polisi akan menindak seluruh operasi premanisme di Indonesia. Hal ini dia katakan setelah Polri meringkus 49 preman yang biasa memalak sopir-sopir truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Selain di Jakarta, operasi premanisme juga akan dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Suratnya ke Kapolda-Kapolda segera dikirim," ucapnya, dikutip dari Antara, Sabtu (12/6/2021).

Kepolisian langsung bergerak cepat setelah mendapat perintah dari Presiden Jokowi yang mendapat keluhan dari pekerja saa berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok.

"Para sopir truk di sana mengaku diperas dan dipaksa memberi pungutan liar. Pak Presiden kemudian langsung menghubungi Kapolri," tutur dia.

Tak butuh waktu lama, 49 preman yang kebanyakan berkegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok dan diduga kerap melakukan pemerasan dan pungutan liar, langsung ditangkap.

Para sopir yang menjadi korban mengaku kena pungli di setiap titik proses pengangkutan barang hingga ke pelabuhan. Nominalnya mulai dari Rp2 ribu hingga Rp20 ribu per unit.

"Sopir saat dia masuk ke PT mengantarkan barang, lalu saat disurvei dikutip (diminta tip), kemudian saat menurunkan kontainer dikutip, saat mencuci mobil dikutip, saat keluar dikutip juga," kata Argo.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menegaskan Kapolda dan Kapolres yang lamban menindak premanisme akan berhadapan langsung dengannya.

"Kalau belum 'action' (bertindak) juga, saya selaku Kapolri yang akan tegur," kata Listyo Sigit.

"Semua polda dan Kabareskrim untuk merespons cepat dan ambil langkah-langkah apabila ada pengaduan dari masyarakat terkait gangguan kriminalitas yang dilakukan para preman, pelaku curas dan tukang palak dan peras dan para pelaku kejahatan konvensional lainnya untuk segera diberantas habis," kata Sigit.

Kapolri Sigit memastikan dia akan memantau langsung pemberantasan pungli premanisme ini. Dia juga mengimbau warga tidak ragu melapor lewat aplikasi 110 dan Dumas Presisi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X