The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Meski Lebih Mahal dari India, RI Masuk Negara dengan Harga PCR Termurah di Dunia
Seorang warga sedang tes PCR. (photo/ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
News

Meski Lebih Mahal dari India, RI Masuk Negara dengan Harga PCR Termurah di Dunia

Selasa, 26 Oktober 2021 18:38 WIB 26 Oktober 2021, 18:38 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, harga tes PCR Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan dengan India. Meski begitu, Indonesia masih masuk 10 persen negara dengan harga PCR termurah di dunia.

"Harga PCR kita ini Rp900.000 itu 25 persen paling murah dibandingkan airport-airport di dunia. Kalau diturunkan ke Rp300.000 itu masuk 10 persen paling murah dibandingkan yang lain," kata Menkes Budi, Jakarta, Selasa (26/10).

Menkes Budi menjelaskan, harga tes PCR di India jauh lebih murah karena mereka memproduksi alat sendiri. Tak cuma itu, India juga dikenal dengan harga barang paling murah selain China.

"Yang paling murah memang India. India murah sekali Rp100.000. Tetapi karena memang India negara yang paling murah untuk semuanya selain China. Karena memang mereka punya produksi di dalam negeri," jelasnya.

Lebih lanjut katanya, jika harga tes PCR sudah turun ke Rp300 ribu, pemerintah tak akan memberikan subsidi. Ia menilai harga itu sudah cukup murah.

"Kalau ditanya apakah akan disubsidi? perintah tidak ada rencana mensubsidi karena memang kalau dilihat harganya sudah cukup murah," tandasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US