The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Megawati Soekarnoputri dan Presiden Korsel Lakukan Pertemuan Bilateral, Ini yang Dibahas
Megawati temui Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. (Dokumen PDIP)
News

Megawati Soekarnoputri dan Presiden Korsel Lakukan Pertemuan Bilateral, Ini yang Dibahas

Apa kira-kira yang dibahas ya?

Rabu, 11 Mei 2022 12:29 WIB 11 Mei 2022, 12:29 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol melakukan pertemuan dengan Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Adapun pertemua kedua tokoh ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan Korea di Kota Seoul, pada Rabu (11/5/2022) pagi waktu setempat.

Megawati tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Korea Selatan di Seoul sekitar pukuk 09.45 waktu setempat. Kemudian dia terlebih dahulu mengisi buku tamu dan menuliskan:

Semoga persahabatan antara Republik Indonesia dengan Republik Korea Selatan semakin erat selamanya. Salam hangat Megawati Soekarnoputri Presiden ke-5 Republik Indonesia".

Setelah menuliskan buku tamu, Presiden Yoon kemudian menggandeng Megawati untuk berswafoto dihadapan awak media. Lalu keduanya pun berjalan bergandengan menuju ruang pertemuan.

“Suatu kemuliaan bagi saya bisa bertemu dengan Ibu Megawati yang telah lama memberikan kontribusi dalam peningkatan perdamaian di semenanjung Korea,” kata Presiden Yoon dalam siaran pers yang diterima, Rabu (11/5/2022).

Presiden Yoon mengatakan, bahwa Megawati telah lama menjalin tali silaturahmi yang sangat erat dengan Korsel. Dan dirinya berharap agar Megawati senantiasa berkenan memberikan perhatian dan dukungan kepada Korsel.

Baca Juga: Pertemuan Jokowi dan Megawati untuk Menyamakan Persepsi Menuju Pemilu 2024, Dukung Puan?

Lebih lanjut, Presiden Yoon mengatakan Korsel dan Indonesia sama-sama telah melewati perjalanan sejarah yang berliku, dan berhasil meraih demokrasi serta mencapai perkembangan ekonomi. Pengalaman kedua negara tersebut menjadi bagian penting dalam membangun kerjasama yang spesial antara kedua negara.

“Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan Asean yang menjadi mitra khusus atau special partner bagi Korsel. Selama setengah abad ini Indonesia dan Korsel melakukan loncatan besar di bidang kerjasama,” jelas Presiden Yoon.

Tahun ini, lanjut Presiden Yoon, Indonesia menjadi presidensi di G-20. Pada tahun depan, Indonesia memegang keketuaan KTT Asean. Ia harap Indonesia dapat memberikan dukungan dan perhatian kepada Korea Selatan.

“Terkait dengan dua hal tersebut, kami berharap Indonesia terus menerus dapat menunjukkan kepemimpinannya juga memberikan dukungan dan perhatian kepada Korea Selatan,” kata Presiden Yoon.

Menanggapi hal itu, Megawati lalu menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Presiden Yoon. Megawati pun menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Pada kesempatan yang sangat baik ini saya pribadi dan keluarga, dan atas nama Presiden Joko Widodo, sekali lagi ingin menyampaikan selamat atas menjadi presiden ke 20 Korea Selatan,” kata Megawati.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo,” sambut Presiden Yoon.

Megawati lalu bercerita bahwa dirinya ke Korsel atas seijin Presiden Jokowi. Kemudian Kepala Negara berjanji akan mengundang Presiden Yoon ke Indonesia.

“Dan beliau menyampaikan secara pribadi, menyampaikan salam hormat saya dan tolong sampaikan undangan pada suatu saat nanti (Presiden Yoon) dapat berkunjung ke Indonesia,” kata Megawati.

Merespons hal itu, Presiden Yoon kembali menyampaikan ungkapan terima kasihnya untuk Jokowi atas undangan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih dan mohon sampaikan rasa terima kasih saya kepada pak presiden (Jokowi),” kata Presiden Yoon.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US