Beberapa Wilayah Diprakirakan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 08:40 WIB
Ilustrasi petir. (Pexels/Andre Furtado)
Ilustrasi petir. (Pexels/Andre Furtado)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia. Hujan juga diprediksi disertai kilat dan angin kencang.

Dikutip dari Antara, Jumat (13/8/2021), potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bengkulu, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di wilayah Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera Utara dan di Selat Karimata bagian utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Samudera Hindia barat Sumatera hingga perairan barat Aceh dan dari Kalimantan bagian timur hingga perairan barat Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga perairan Kepulauan Riau, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dan dari perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

BMKG menilai kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BACA JUGA: Hari Ini Polisi Gelar Pra Rekontruksi Pembunuhan Wanita Dibalut Kardus di Cawang

BMKG juga memperingatkan potensi angin kencang di provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu, BMKG memperingatkan masyarakat NTT untuk waspada kebakaran hutan dan lahan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X