Perjalanan Deal Ekspor AMMDes Indonesia ke Nigeria

- Kamis, 9 Januari 2020 | 21:00 WIB
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Pengusaha asal Nigeria M. Sani Dangote, melalui Dangote Group siap memborong 10.000 unit AMMDes buatan Indonesia.

AMMDes adalah kendaraan multifungsi yang bisa menjadi alat transportasi dan produksi. Negara Nigeria, Afrika Barat akan menjadi negara tujuan ekspor awal unit AMMDes.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika mengatakan sejak April 2019 lalu, PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) telah melakukan penandatanganan LOI (Letter of Intens) terkait ekspor unit AMMDes sebanyak sepuluh ribu unit dalam lima tahun ke depan.

"Negara tujuan awal untuk ekspor unit AMMDes yaitu Nigeria, Afrika Barat. Penandatanganan LOI antara PT KMWD dengan PT Repindo Jagad  Raya telah berlangsung pada tanggal  15 April 2019 dalam acara The 2nd Summit AMMDes and Exhibition 2019, tentang minat ekspor AMMDes sebanyak sepuluh ribu unit," kata Putu pada Indozone melalui aplikasi Whatsapp, Kamis (9/1/2020).

Setelahnya, sambung Putu, mereka melakukan pertemuaan dengan beberapa pengusaha Nigeria, stakeholder dan ITPC Nigeria di Direktorat Jenderal ILMATE dan bersama Kemenperin melakukan peninjauan langsung ke pabrik AMMDes.

"Setelah itu kita bertemu dan berdiskusi dengan salah satu pengusaha Nigeria bernama M Sani Dangote terkait dengan minatnya terhadap AMMDes," ujar Putu.

Sebagai jawaban atas permintaan perusahaan Dangote tersebut PT KMWI sebagai otoritas AMMDes sedang mempersiapkan unitnya dengan stir kiri terkait dengan penyesuaian ekspor ke negara dengan regulasi stir dibagian kiri dengan estimasi kurang lebih enam bulan.

"Dangote dan team rencananya akan datang dan meninjau langsung ke pabrik AMMDes di Ceteurup, Bogor pada Januari atau Februari 2020," tukasnya

Sebagai pendahuluan dari rencana ekspor ke Nigeria akan didahului dengan pengiriman 3 unit contoh AMMDes untuk aplikasi penjernih air, pengupas padi dan pengolah Singkong pada bulan Januari 2020
 


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X