DPR Minta Pemerintah Indonesia Ambil Sikap Lebih Tegas pada Tiongkok

- Sabtu, 4 Januari 2020 | 14:31 WIB
Dok. Dispen Koarmada I
Dok. Dispen Koarmada I

Anggota Komisi I DPR, Charles Honoris, mengatakan bahwa Indonesia harus mengambil sikap yang lebih tegas terhadap Tiongkok. Sikap Tiongkok yang mengklaim perairan Natuna sebagai wilayahnya menunjukkan tidak adanya iktikad baik untuk menghormati kedaulatan Indonesia.

Indonesia sendiri diketahui telah melayangkan nota protes diplomatik ke Tiongkok. Charles juga menyarankan agar pemerintah mengkaji kembali hubungan bilateral RI dengan Tiongkok.

"Pemerintah harus mengkaji kembali hubungan bilateral RI dengan Tiongkok. Berbagai kerja sama bilateral yang sedang dibahas bisa saja kita tunda atau batalkan," ujar Charles.

Indonesia, kata dia, bisa menggalang negara-negara ASEAN untuk tidak berpartisipasi dalam inisiatif-inisiatif multilateral yang diinisiasi Tiongkok di forum internasional.

Selain itu, Charles juga mendorong agar TNI dan penegak hukum tidak ragu untuk menegakkan kedaulatan negara.

Segenap rakyat Indonesia pasti mendukung setiap upaya TNI dalam menjaga setiap jengkal wilayah kedaulatan NKRI dari penerobosan pihak asing.

Charles juga menegaskan bahwa penerobosan kapal Penjaga Pantai Tiongkok di perairan Natuna merupakan pelanggaran terhadap ZEE Indonesia, yang telah ditetapkan berdasarkan United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X