Dukung MotoGP Mandalika, PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik

- Jumat, 10 Januari 2020 | 20:11 WIB
Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (tengah), melihat desain pembangunan KEK Mandalika dan sirkuti MotoGP di kantor PT ITDC di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (10/1/2020). dok.Humas PLN UIW NTB.
Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo (tengah), melihat desain pembangunan KEK Mandalika dan sirkuti MotoGP di kantor PT ITDC di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (10/1/2020). dok.Humas PLN UIW NTB.

Untuk mendunkung MotoGP Mandalika 2021, PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik untuk gelaran MotoGP yang akan dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, di Lombok Tengah, Jumat mengatakan MotoGP Mandalika akan segera digelar di Indonesia pada tahun 2021, sehingga kebutuhan dan pasokan listrik harus mendapatkan jaminan kualitas dan keandalan bertaraf MotoGP.

"Untuk memenuhi kebutuhan tersebut PLN mempersiapkan insfrastruktur listriknya dengan matang, tentunya kami siap mendukung kebutuhan pasokan listrik untuk gelaran MotoGP ini," kata Darmawan saat mengunjungi lokasi gelaran MotoGP 2021 di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Ia mengatakan infrastruktur kelistrikan yang disiapkan untuk mendukung KEK Mandalika yang akan menjadi lokasi gelaran MotoGP sudah disiapkan PLN sejak April 2015.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan seperti hotel dan pusat kuliner, PLN telah mengoperasikan satu gardu induk berkapasitas 30 Megavolt Ampere (MVA) di daerah Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Gardu induk tersebut telah memasok listrik ke kawasan Mandalika dan sekitarnya.

"Sudah ada beberapa hotel yang menggunakan gardu induk tersebut, namun penggunaannya saat ini masih sekitar 30 persen dari kapasitas yang ada," ujar Darmawan.

PLN, kata dia, juga siap menambah kapasitas Gardu Induk Kuta hingga 180 MVA secara bertahap jika kapasitas gardu induk yang ada telah digunakan secara maksimal dan mengantisipasi peningkatan kebutuhan listrik di KEK Mandalika termasuk kesiapan MotoGP 2021.

PLN juga sedang membangun Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) sepanjang 15,8 kilometer untuk melistriki kawasan Mandalika.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X