Komnas PA Duga Remaja Pembunuh Bocah 5 Tahun Psikopat

- Kamis, 12 Maret 2020 | 15:51 WIB
Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/3/2020). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/3/2020). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait, menduga NF, remaja 15 tahun yang membunuh bocah 5 tahun adalah psikopat. 

"Pertama, dia ini sudah dalam kategori terganggu kesehatan mental dan jiwanya, mengakibatkan dia punya perilaku sadistis sampai pada kemungkinan juga psikopat," kata Arist di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Arist mengaku pihaknya sudah menemui melihat kondisi pelaku di RS Polri. Hasilnya, ada beberapa faktor yang membuat pelaku tega melakukan hal tersebut. Salah satunya kesehatan mental yang dinilai rendah.

Unsur psikopat terlihat dari cara-cara pelaku membunuh korbannya. Pelaku dengan tega membunuh teman adiknya dengan direndam di bak berisi air.

"Psikopat terlihat bahwa teman adiknya sendiri dibenamkan pada bak lalu diangkat lagi dengan dipancing mainan anak-anak di bak itu? Itu strategi dia. Lalu dimasukan ke dalam bak dan ditutup dengan pakaian bekas, lalu menyimpan tanpa ada rasa menyesal. Itu ciri-cirinya," ungkap Sirait.

Sirait menduga pelaku bakal tidak segan melukai dirinya. Dia juga menyoroti perilaku NF yang kerap bermain gadget.

"Kemudian juga sudah mulai kejar-kejar kecoa, binatang kecil. Jadi itu ciri-ciri anak yang tergantung pada gadget itu pengaruhnya. Jadi ketika anak bergantung pada gadget, game online lalu tayangan-tayangan yang mengandung kekerasan itu yang dorong dia punya sifat sadistis, bahkan mengarah pada psikopat tadi itu," kata Sirait.

Diberitakan sebelumnya, NF membunuh bocah 5 tahun dengan cara-cara yang sadis. Setelah diselidiki polisi, pelaku tidak menganggap perbuatannya salah ataupun menyesal. Bahkan, NF mengaku terinspirasi film horor sehingga nekat berbuat demikian. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X