Trend Pencarian Rumah Rp 500 Juta Meningkat

- Senin, 17 Juni 2019 | 09:15 WIB
Pembangunan Rumah Subsidi (Foto: PUPR)
Pembangunan Rumah Subsidi (Foto: PUPR)

Trand pencarian rumah lewat situs online terus meningkat terutama di wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi . Rumah yang dicari di kawasan ini dengan harga di bawah Rp 500 juta.

Data lamudi.co.id, secara keseluruhan pencarian rumah di bulan Mei meningkat jika dibandingkan bulan April, sebesar 8,07 persen.

Akan tetapi, peningkatan siginifikan terjadi kembali usai Lebaran mencapai 120 persen.  Trend pencarian rumah diyakini akan semakin membaik hingga akhir tahun 2019.

Direktur Komersil  Lamudi.co.id  Yoga Priyautama mengatakan,  faktor pemicunya adalah kepastian hukum setelah penetapan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu April lalu. 

Selain itu, lanjut ia, persoalan politik yang ada terkait hasil pemilu presiden akan diselesaikan secara konstitusional di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bisnis properti sangat rentan terhadap kondisi politik, terutama untuk segmen atas yang banyak didominasi oleh investor. Mereka akan cenderung wait and see ketika melihat tidak stabilnya ekonomi dan keamanan,” katanya.

Bank Indonesia mengindikasikan jika harga properti residensial mengalami kenaikan sampai 0,49 persen pada triwulan 1 2019. Kenaikan terjadi pada tipe rumah kecil yang mencapai 0,72 persen, tipe menengah 0,60 persen dan untuk tipe besar 0,20 persen.
 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X