Kasus Kebocoran Penyidikan KPK di Polda Metro Disebut Sudah Naik Sidik

- Senin, 19 Juni 2023 | 13:50 WIB
Gedung KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Gedung KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Kabar terbaru terdengar dari kasus dugaan kebocoran data penyelidikan perkara korupsi milik KPK di Kementerian ESDM yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Dikabarkan, kasus tersebut sudah naik tingkat dari penyelidikan ke penyidikan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua LP3HI, Kurniawan Adi Nugroho yang dalam kasus ini sebagai pelapor di Polda Metro Jaya. Dia menyebut mendapat informasi jika kasus ini sudah naik tingkat saat dirinya memenuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro.

Baca Juga: Soal Kasus Kebocoran Data KPK, Ini Kata Kapolda Metro Jaya

"Iya (sudah naik penyidikan), saya dapat informasi itu saat memenuhi panggilan penyidik Polda hari Selasa (13/6) yang lalu," kata Kurniawan saat dihubungi wartawan, Senin (19/6/2023).

Kendati sudah naik tingkat ke penyidikan, Kurniawan mengungkap jika polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

"Tapi memang belum ada tersangka dalam sprindik itu. Masih dalam proses sidik. Apakah perbuatan itu langsung dilakukan oleh Ketua KPK seperti video yang beredar di medsos beberapa bulan lalu, ataukah ada pihak internal KPK yang lain sebagai pelakunya, kita lihat perkembangan penyidikan," bebernya.

Lebih jauh Kurniawan mempercayai Polda Metro Jaya dalam penanganan kasus ini. Dia meyakini jika Polda Metro Jaya akan bersikap profesional menuntaskan kasus tersebut.

"Kami yakin penyidik Polda mampu bertindak profesional dalam menuntaskan perkara," kata Kurniawan.

Baca Juga: Bicara Keamanan Digital di KTT G20, Jokowi: Kebocoran Data Bikin Rugi 5 Triliun Dolar AS

Diberitakan sebelumnya, dokumen penyelidikan KPK terkait Kementerian ESDM bocor. Temuan itu ditemukan KPK saat menggeledah kantor ESDM.

Kurniawan yang menjadi pelapor dalam kasus ini berharap jika Polda Metro Jaya bisa mengungkap kasus ini ditambah Kapolda Metro Jaya yang saat ini menjabat memiliki pengalaman di KPK.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X