DPR Ingatkan Titik Macet Lebaran Tersebar di Sumbar: Jangan Cuma Fokus Jalur Sicincin!

- Senin, 10 April 2023 | 14:36 WIB
Ilustrasi kemacetan (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Ilustrasi kemacetan (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan pemerintah dan kepolisian daerah setempat, bahwa titik kemacetan saat Idul Fitri tersebar di sejumlah titik. Karena itu, pemerintah diharapkan tidak hanya fokus di jalur Kota Padang menuju Kota Bukittinggi.

"Tingkat kemacetan kita tidak hanya pada jalur Sicincin, tapi ada juga di beberapa titik lain," kata Ketua DPRD Sumbar Supardi di dikutip dari Antara, Senin (10/4/2023).

Berkaca dari libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, dia menyebut ada sejumlah titik kemacetan di Sumbar.

Lokasi yang dimaksud ialah jalur Kota Bukittinggi menuju Kota Payakumbuh, Pasar Padang Lua Kecamatan Banuhampu yang berada di Kabupaten Agam, Sitinjau Lauik yang merupakan jalur yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi, serta beberapa titik-titik lainnya.

Baca Juga: Puncak Gagoan, Tempat Wisata Hits di Sumbar yang Tawarkan Panorama Alam

Menurutnya, tingkat kemacetan di titik-titik tersebut juga tergolong tinggi. Karena itu, dia mengingatkan agar titik-titik tersebut juga mendapat perhatian, tidak hanya fokus di Jalur Sicincin.

"Tingkat kemacetan di titik-titik itu juga tinggi, sehingga harus ada upaya yang dilakukan dalam mengurai kemacetan" ujarnya.

Untuk menghadapi musim mudik Lebaran 2023/Idul Fitri1444 Hijriah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar berencana menerapkan rekayasa lalu lintas berupaya one way atau jalan satu arah dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi. Hal yang sama juga akan diterapkan dari arah Kota Bukittinggi menuju Padang via Malalak, Kabupaten Agam.

-
Uji coba kebijakan one way atau sistem satu arah di Sumatera Barat untuk mengurai kemacetan. (ANTARA FOTO-Iggoy el Fitra)

Kebijakan Pemprov bersama Polda setempat dalam mengurai potensi kemacetan itu telah diujicobakan pada 8 April 2023.

Pakar transportasi publik dari Universitas Andalas (Unand) Sumbar Yosritzal mengatakan, hasil uji coba menunjukkan perlunya penguatan sosialisasi agar pengguna jalan mengetahui pemberlakuan jalan satu arah.

Baca Juga: Kapolri: Arahan Presiden Jokowi, Mudik 2023 Harus Lebih Baik dari Tahun Lalu

Sebab, kata dia, saat uji coba dilakukan masih banyak pengendara sepeda motor yang melawan arus, terutama warga lokal untuk perjalanan jarak pendek.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan di rest area atau di rumah makan yang berada di sepanjang jalan Padang-Bukittinggi, pengelola rest area juga perlu mengingatkan pengunjung terkait jadwal satu arah.

Selain itu, menurut dia, jalan satu arah melalui Malalak, Kabupaten Agam, juga tidak memungkinkan dilakukan pada sore dan malam hari. Hal ini lantaran di jalur tersebut sering turun kabut, sehingga menyebabkan jarak pandang menjadi terbatas.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X