The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

TNI-Polri Tembak Mati 1 Anggota KKB di Puncak Papua, Ini Rentetan Teror Pelaku
Anggota KKB Papua, Lerinus Murib. (Dok. Polda Papua)
News

TNI-Polri Tembak Mati 1 Anggota KKB di Puncak Papua, Ini Rentetan Teror Pelaku

Di tembak di Kabupaten Puncak, Papua

Senin, 30 Mei 2022 20:45 WIB 30 Mei 2022, 20:45 WIB

INDOZONE.ID - Satgas Damai Cartenz 2022 sempat terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua. Dalam baku tembak ini, TNI-Polri berhasil menembak mati satu anggota KKB.

"Benar ada satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata yang meninggal dunia, yakni atas nama Lerinus Murib, anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib," kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Kamal menyebut penembakan ini diawali adanya aksi baku tembak antara Satgas dengan KKB di sekitar Lapangan Trikora Distrik Ilaga pada 27 Mei lalu. Usai tertembak, jasad Lerinus Murib disebut Kamal dibawa oleh KKB.

"Jenazah anggota KKB tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai dan sudah mereka bakar pada Jumat malam Sabtu," beber Kamal.

Dari catatan kepolisian, Lerinus sendiri sempat terlibat sejumlah aksi teroris bersama KKB.

Berikut daftar aksi teror yang dilakukan oleh Lerinus:

1. 8 April 2021

Terlibat aksi pembakaran tiga sekolah yakni SD, SMP dan SMA di wilayah Kampung Julukoma, Distrik Boega, Kabupaten Puncak.

2. 4 Juni 2021

Terlibat aksi pembunuhan keji di Kampung Niporolome Kabupaten Puncak yang mengakibatkan lima warga meninggal dunia diantaranya Kepala Kampung Niporolome Patianus Kogoya, Petena Murib dan Nelius Kogoya.

3. 27 Januari 2022

Terlibat dalam kontak tembak dengan anggota TNI Yonif R 408/SBH di Distrik Gome, Kabupaten Puncak yang mengakibatkan tiga anggota TNI meninggal dunia yakni Pratu Rahman, Serda Rizal dan Pratu Baraza.

4. 1 Maret 2022

Terlibat dalam pembantaian karyawan dan warga sipil yang berada di kamp Palapa Timur Telematika (PTT), Distrik Beoga, Kabupaten Puncak yang mengakibatkan delapan orang meninggal dunia.

5. 22 April 2022

Terlibat dalam pembakaran kantor dan aset Perusahaan PT Martha Tunggal Teknik (MTT) yang berada di Kampung Kago Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Rachmat Fahzry
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US