The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

KIB Masih Tunggu Dua Parpol Sebelum Umumkan Capres, Kode untuk PDIP dan PKS?
Waketum PPP Amir Uskara (kiri), Ketum Golkar Airlangga Hartarto (tengah), dan Ketum PAN Zulhas (kanan) di HUT ke-58 Golkar (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
News

KIB Masih Tunggu Dua Parpol Sebelum Umumkan Capres, Kode untuk PDIP dan PKS?

Selasa, 08 November 2022 21:08 WIB 08 November 2022, 21:08 WIB

INDOZONE.ID - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) hingga kini masih menunggu satu hingga dua partai lain untuk bergabung sebelum mendeklarasikan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024. Adapun koalisi ini terdiri atas Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mengenai hal tersebut, Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai Pilpres 2024 memandang bisa saja KIB menunggu PDIP dan PKS untuk bergabung. Bahkan lebih nyaman ketika PDIP dan PKS berada dalam satu barisan dengan KIB.

"Konteksnya bukan PDIP bergabung dengan KIB, tetapi ada titik kepentingan bersama kalau mereka berkoalisi. Kan, kalau PDIP bergabung, seolah-olah PDIP yang subordinat," kata Emrus, Selasa (8/11/2022).

Emrus berkata setiap partai memiliki posisi yang sama. Peluang kerja sama antara partai anggota KIB dan PDIP juga sangat terbuka. Ia juga memprediksi PDIP akan menggandeng partai lain dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Belum Tentukan Nama Capres dan Cawapres 2024, Sikap KIB Dipertanyakan

"Karena kecil kemungkinan PDIP mengusung calon sendiri, sekalipun cukup. Pasti mereka ingin mewujudkan politik gotong royong dengan berkoalisi," tegasnya.

Emrus mengusulkan pembentukan poros koalisi antara Golkar, PAN, PPP, PDIP, dan PKS. Hal itu juga akan membendung adanya kemungkinan upaya pihak lain ketika hendak menggunakan politik identitas dan agama. Di sisi lain, Emrus menyarankan agar Gerindra, Nasdem, Demokrat, dan PKB juga membentuk poros koalisi. 

“Kalau ada dua koalisi ini, saya kira akan bagus sekali. Menurut hipotesis saya tidak muncul lagi politik identitas sempit," pungkasnya.

Baca Juga: Punya Banyak Tokoh Internal, KIB Bakal Usung Capres dari Koalisi

Sebelumnya Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih menunggu satu atau dua partai lagi yang akan bergabung untuk mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden. 

Ia menegaskan, masih banyak waktu untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan diusung koalisi digagas Golkar, PAN, dan PPP ini.

“KIB masih menunggu satu dua partai lain. Jadi kalau satu dua partai lain bergabung, baru kita announce siapa yang akan didukung KIB. Namanya KIB plus-plus,” tutur Airlangga usai Silaturahim Nasional KIB di Hotel Dalton Makassar, Minggu (6/11/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US