Profil dan Biodata Irjen Ferdy Sambo Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J!

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:22 WIB
Irjen Ferdy Sambo saat digiring ke Mako Brimob untuk ditahan. (Foto/Antara)
Irjen Ferdy Sambo saat digiring ke Mako Brimob untuk ditahan. (Foto/Antara)

Irjen Ferdy Sambo jadi Tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Inilah profil dan biodata Irjen Ferdy Sambo yang kini hangat diperbincangkan.

Irjen Ferdy Sambo telah menyita perhatian semenjak kasus Brigadir J tewas. Sang jenderal sebelum ditetapkan tersangka pun diamankan dan ditahan di Mako Brimob.

Pada Selasa (9/8/2022), Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkap bahwa Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka. Ini menjadi gong dan paling jadi perbincangan hangat masyarakat.

"Tadi pagi gelar perkara dan Timsus memutuskan menetapkan suadara FS sebagai tersangka," kata Kapolri Jenderal Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Biodata Irjen Ferdi Sambo juga patut diketahui. Ia di Barru, Sulawesi Selatan pada 19 Februari 1973.


Sang jenderal merupakan lulusan Akpol 1994 dan berpengalaman di bidang reserse. Ia menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia sejak  16 November 2020, lalu baru saja ia dinonaktifkan usai mencuat kasus pembunuhan berencana ini. 

Kariernya di bidang kepolisian sebenarnya sudah malang melintang sejak ia lulus Akpol. Hingga akhirnya ia sudah menjajal banyak kursi jabatan di Kapolres banyak daerah lalu ditarik ke Polda Metro Jaya menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadireskrimum).

Akhirnya ia juga mendapat gelar Irjen bintang 2 dan masih mendapat jabatan penting di Polri. Namanya pun kian dikenal sejak dirinya terlibat kasus Brigadir J.

Ya, kasus tewasnya Brigadir J di kediaman dinas Kadiv Propam yang saat itu dijabat oleh Irjen Ferdy Sambo terus bergulir hingga hari ini. Dalam kasus ini, Tim Khusus Polri bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya sudah menetapkan Bharada E dan Brigadir RR sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Bharada E diketahui merupakan ajudan Irjen Sambo sedangkan Brigadir RR merupakan ajudan istri Sambo. Tak hanya menetapkan tersangka, ada 25 personel Polri mulai dari personel Polres Metro Jakarta Selatan, Polda Metro Jaya hingga Bareskrim dan Divisi Propam Polri diperiksa karena diduga tidak profesional.

Lima diantara 25 personel itu ditempatkan di tempat khusus termasuk Irjen Ferdy Sambo. Mereka diperiksa lantaran diduga tidak profesional termasuk diduga melanggar etik terkait kasus kematian Brigadir J.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X