Hari Ini, DPR Gelar Fit and Proper Test Pengganti Lili Pintauli sebagai Wakil Ketua KPK

- Rabu, 28 September 2022 | 08:42 WIB
Logo KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Logo KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Komisi III DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test terhadap dua calon pengganti Lili Pintauli sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (28/9/2022). Dua calon itu adalah Johanes Tanak dan I Nyoman Wara.

 Berdasarkan agenda rapat yang beredar fit and proper test berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Hal tersebut juga dibenarkan oleh pimpinan Komisi III DPR, Adies Kadier.

“Jam 14.00 WIB," kata Adies kepada wartawan dikutip Rabu (28/9/2022).

Ia menyampaikan bahwa nantinya akan ada sesi wawancara antara Komisi III dengan calon pimpinan KPK. Keduanya memang pernah mengikuti fit and proper test, namun tidak lolos karena saat voting tak mendapatkan suara banyak.

"Hanya wawancara saja," urai Adies.

Baca Juga: Selain Kasus Suap, KPK Juga Diminta Usut Dugaan Korupsi Rekrutmen Hakim Agung

Terima Surpres

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat presiden (Surpres) yang berisikan nama pengganti Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna ke-6 masa Sidang I tahun 2022-2023, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: DPR Minta Evaluasi Besar-besaran Pasca Salah Satu Hakim Agung Terjerat Kasus Suap

“Kami beritahukan bahwa pimpinan dewan sudah menerima satu pucuk surat dari Presiden RI Nomor R-44 tanggal 9 September perihal calon anggota pengganti pimpinan KPK,” kata Dasco.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X