The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Erick Thohir Jadi Salah Satu Tokoh Paling Berpengaruh di Pemerintahan Jokowi
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kedua kanan). (ANTARA/Sakti Karuru)
News

Ini Alasan Erick Thohir Jadi Salah Satu Tokoh Paling Berpengaruh di Pemerintahan Jokowi

Senin, 19 September 2022 15:57 WIB 19 September 2022, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai publik sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam pemerintahan Jokowi.

Hal ini sesuai dengan hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC).

Mengenai hal tersebut, Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa menyebut hasil temuan survei tersebut datang dari penilaian masyarakat bawah atas kinerja positif Erick Thohir lewat program-program kerja di BUMN.

“Harus diakui bahwa salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju yang memiliki prestasi cukup baik adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Dan hasil survei menempat dia sebagai tokoh berpengaruh itu datang dari pengakuan masyarakat bawah,” ujar AB Solissa kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

BACA JUGA: Digitalisasi SPBU, Erick Thohir Dorong Pertamina dan Telkom Berkolaborasi

Dia bilang Presiden Jokowi sangat beruntung memiliki menteri yang memiliki etos kerja seperti Erick Thohir. Apalagi dianggap mempunyai dedikasi tinggi kepada bangsa.

“Jokowi beruntung punya menteri seperti Erick yang tidak hanya cerdas tapi juga berintegritas serta memiliki dedikasi tinggi terhadap bangsa dan negara,” jelasnya.

Ia kemudian bilang Erick Thohir mempunyai sederet kebijakan yang dianggap berkontribusi besar terhadap pemerintahan Jokowi dalam dua tahun terakhir.

Semisalnya kepentingan masyarakat paling bawah, yakni program kredit usaha rakyat (KUR), program PNM Mekar dan program lainnya.

“Bahwa program-program Kementerian BUMN itu langsung ke masyarakat bawah, seperti misalnya KUR dan PNM Mekaar. Dua program ini kan syaratnya harus masyarakat kecil yang mau membuka usaha. Coba kalau yang menerima bantuan ini puluhan juta orang, sudah berapa juta orang mendapat lapangan kerja,” ucapnya.

Selain program kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil, Erick Thohir juga berhasil membuat gebrakan-gebrakan baru di tubuh Kementerian BUMN, seperti melaporkan langsung tindakan korupsi yang dilakukan oleh pejabat BUMN ke Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

“Yang luar biasanya lagi, Erick Thohir berani membuat gebrakan baru dengan melaporkan langsung bawahannya yang ketahuan korupsi ke Kejagung. Berapa duit negara yang berhasil diselamatkan beliau,” ungkapnya.

BACA JUGA: Datanya Dibocorkan Bjorka, Erick Thohir Tidak Marah

Erick Thohir, lanjut Solissa juga sedang membenahi perusahaan-perusahaan plat merah, seperti Garuda hingga Krakatau Steel. Langkah ini, kata Solissa akan berdampak besar pada ekonomi nasional ke depan.

“Kalau gak salah, kemarin itu Erick Thohir dan DPR RI telah sepakat untuk menyelamatkan Garuda. Ini kolaborasi yang cukup bagus mengalamatkan Garuda,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US