Viral 8 WNI Diduga 'Nembak' Tiket Shinkansen, KBRI Tokyo: Patuhi Peraturan yang Berlaku

- Jumat, 26 Mei 2023 | 11:05 WIB
Video WNI diduga nembak tiket kereta cepat di Tokyo (TikTok/e9_ash)
Video WNI diduga nembak tiket kereta cepat di Tokyo (TikTok/e9_ash)

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, buka suara terkait pemberitaan delapan warga negara Indonesia (WNI), yang diduga tidak membayar tiket kereta cepat Shinkansen alias nembak.

Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie mengatakan, KBRI Tokyo mengimbau WNI yang ada di Jepang untuk mematuhi peraturan yang ada.

"KBRI Tokyo senantiasa mengimbau WNI yang berada di Jepang untuk mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku,"kata Meinarti, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Gempa M 7,3 di Jepang Picu Peringatan Tsunami, KBRI Tokyo: Tidak Ada WNI Jadi Korban

Dalam video yang viral di media sosial, delapan WNI itu terpantau kamera melewati ticketing gate dengan cara tidak semestinya di sebuah stasiun.

Delapan orang yang diduga WNI tersebut diduga tidak membayar tiket kereta cepat Shinkansen sesuai dengan harga, atau dikenal dengan istilah “menembak” tiket, yakni hanya satu orang yang membeli tiket resmi sementara yang lain menyerobot.

-
Rekaman yang memperlihatkan 8 WNI diduga nembak tiket Shinkansen (TikTok/e9_ash)

Dalam video lainnya memperlihatkan, sejumlah terduga WNI calon penumpang Shinkansen diperiksa petugas stasiun terkait dengan aksi itu.

Meinarti menjelaskan, aparat setempat di Jepang mempunyai hak untuk melakukan tindakan dan proses hukum jika ada WNA yang melanggar hukum.

Baca juga: KBRI Tokyo Gelar Indonesia Day, Mahasiswa Jepang Antusias Pelajari Budaya Sunda

Namun, ia mengaku pihaknya belum menemukan pemberitaan di media massa arus utama di Jepang serta belum mendapatkan informasi dari pihak-pihak terkait tentang kasus tersebut.

Lebih lanjut kata Meinarti, KBRI juga belum mendapatkan pemberitahuan dari otoritas Jepang soal kasus viral itu.

"KBRI Tokyo masih terus menelusuri kebenaran informasi dari kabar yang beredar di sosial media tersebut dengan menelusuri pemberitaan resmi di Jepang, baik dari media yang berbahasa Jepang maupun Inggris serta berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait," terangnya.

Sementara itu, dalam postingan di akun resmi kbritokyo, terlihat kata-kata bijak usai viral 8 WNI nembak tiket kereta cepat di Tokyo.

"Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," unggah kbritokyo.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X