HUT RI di Amerika, Potong Tumpeng hingga Menu Lontong Sayur Bikin WNI Kangen Indonesia

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:48 WIB
Pengibaran bendera Merah Putih di Amerika (Susi Fatimah/Z Creators)
Pengibaran bendera Merah Putih di Amerika (Susi Fatimah/Z Creators)

Ratusan diaspora antusias mengikuti detik-detik upacara Kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Washington DC di Wisma Indonesia pada Rabu (17/8/2022) waktu setempat.

Pantauan di lokasi, sejak pagi para dispora mulai berdatangan ke Wisma Indonesia. Mereka nampak mengenakan pakaian nasional hingga pakaian daerah. Tahun ini, KBRI menggelar upacara HUT RI namun dibatasi hanya untuk 120 orang. Diaspora yang ingin mengikuti harus registrasi terlebih dahulu secara online.

Pengibaran bendera oleh Paskibraka

-
Upacara bendera HUT RI di Amerika (Susi Fatimah/Z Creators)

Sementara itu jam 09.45, upacara siap dimulai. Nampak Duta Besar Indonesia untuk Amerika, Rosan Roeslani beserta istri dan jajaran atase Kedubes Indonesia memasuki ruang upacara. Nampak pula barisan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) berpakaian lengkap siap bertugas.

Di bagian sisi kanan lapangan, di sebuah tenda terlihat puluhan anak-anak berpakaian adat Indonesia berduduk rapi mengikuti upacara HUT RI.

Tepat jam 10.00 diperdengarkan dentuman detik-detik Proklamasi. Dubes Roslan Roeslani membacakan naskah Proklamasi di hadapan para peserta upacara. Paskibraka yang merupakan putra putri dari para diaspora itu sukses mengibarkan bendera pusaka. Peserta upacara pun nampak khidmat mengikuti jalannya upacara meski cuaca sedikit terik.

Paduan suara anak-anak diaspora

-
Paduan suara oleh anak-anak diaspora (Susi Fatimah/Z Creators)

Setelah upacara selesai, acara berikutnya paduan suara dari anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu daerah. Sekitar 15 lagu daerah diperdengarkan di hadapan peserta upacara. Sontak penampilan puluhan anak diaspora ini menghibur para peserta upacara.

Lagu-lagu mulai dari 'Sajojo', 'Injit-injit Semut', 'Cublak Suweng' hingga 'Rasa Sayange' dinyanyikan dengan antusias dan penuh semangat.

Potong tumpeng pengobat rindu

-
Dubes Ruslan Roeslani memimpin pemotongan tumpeng usai upacara bendera (Susi Fatimah/Z Creators)

Usai rangkaian upacara selesai, selanjutnya digelar acara potong tumpeng dan kue yang digelar di ruang utama Wisma Indonesia. Dubes Ruslan Roeslani nampak memotong tumpeng, sementara sang istri memotong kue yang berwarna merah putih dengan lilin 77 sebagai simbol ulang tahun RI yang ke-77.

Ratusan peserta upacara pun bertepuk tangan usai menyaksikan prosesi potong tumpeng sebagai rasa syukur atas kemerdekaan RI yang sudah mencapai 77 tahun. Setelah itu, peserta upacara diperkenankan mencicipi aneka makanan yang disediakan di ruang tengah Wisma Indonesia.

-
WNI antre mengambil makanan khas Nusantara (Susi Fatimah/Z Creators)

Mereka antusias dan antre panjang untuk bisa mengambil menu yang disediakan dengan cara prasmanan. Terlihat menu lontong sayur dengan lauk ayam goreng, semur tahu, telur balado, sambal terasi dan kerupuk jadi menu utama prasmanan. Sontak makanan-makanan ini membuat rindu Tanah Air.

Tim Z Creators, Susi Fatimah dan suami, Shulhan Rumaru turut serta dalam antrean prasmanan dan mencicipi menu yang disediakan.

"Sudah lama enggak makan lontong sayur. Baru makan lagi hari ini di Wisma Indonesia, bikin kangen Indonesia," kata Susi.

Sementara di meja lainnya nampak aneka roti dan buah-buahan untuk menu penutup sudah tertata rapi. Begitu juga aneka jenis minuman dari mulai teh, kopi dan air mineral disediakan oleh tim panitia. Acara penutup pun diisi dengan ramah tamah dan foto bersama dengan Dubes dan istri.

Rangkaian HUT RI di Amerika tak berhenti sampai hari ini. Rencananya pada Minggu (21/8/2022), KBRI akan menggelar bazaar dan panggung gembira di Wisma Indonesia sebagai puncak peringatan HUT RI. Nantinya akan ada bazzar aneka makanan dan minuman khas Indonesia serta hiburan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X