Seluruh Fraksi di Komisi X DPR Sepakat Bentuk Pansus Tragedi Kanjuruhan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 11:59 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (tengah) memberikan keterangan pers terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (3/10/2022). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (tengah) memberikan keterangan pers terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (3/10/2022). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Seluruh fraksi di Komisi X DPR RI sepakat untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait tragedi Kanjuruhan. Delapan dari 9 fraksi yang ada, bahkan sudah menandatangani persetujuan pembentukan pansus.

"Kita sudah menggalang dukungan, dari fraksi-fraksi sudah 8 fraksi yang tandatangan memberikan dukungannya. Segera kita ajukan, kalau hari ini terpenuhi syaratnya, (langsung) kita ajukan ke pansus," ujar Anggota Fraksi PKB, Heru Widodo kepada wartawan dikutip Selasa (4/10/2022).

Diungkapkannya dari hasil diskusi di internal PKB, tragedi Kanjuruhan yang memakan korban hingga ratusan korban harus dievaluasi secara menyeluruh. Pertama, terkait dengan regulasi penyelenggaraan atau pertandingan sepakbola BRI Liga-1 antara Arema Malang versus Persebaya.

Baca Juga: Mensos Risma Sebut Tragedi Kanjuruhan Sebagai Bencana Sosial

Selain regulasi penyelenggaraan, statuta FIFA dan pengamanan di lapangan selama pertandingan sepakbola berlangsung juga perlu dievaluasi. Beberapa poin itu sangat penting agar penyelenggaraan sepakbola nasional ke depan semakin baik.

"Besok kita akan minta dukungan yang lebih banyak lagi, teman-teman di Komisi III dan Komisi X," ucapnya.

Sementara itu, juru bicara Fraksi PKB, M Khadafi, mengungkapkan, hasil rapat di Komisi X yang menjadi leading sector dibidang olahraga, sepakat agar tragedi Kanjuruhan diusut tuntas agar terang-benderang dan hasilnya disampaikan ke publik.

Baca Juga: Para Pemain Arema FC Menangis Pilu saat Gelar Tabur Bunga di Stadion Kanjuruhan

Anggota Komisi X DPR itu juga menyampaikan jika komisi yang membidangi olahraga mengharapkan agar keluarga korban mendapatkan haknya. Salah satunya menyangkut asuransi. Komisi X menekankan tragedi Kanjuruhan tidak boleh terulang kembali di masa mendatang.

"Kita ingin investigasi ini bisa terang benderang dan masyarakat itu bisa benar-benar jelas terkait tragedi ini," kata Khadafi.

Lebih lanjut, M Khadafi menyatakan jika satu fraksi yang belum menandatangani persetujuan pembentukan Pansus Tragedi Panjuruhan di Komisi X adalah Fraksi PPP. Pasalnya, pada saat proses persetujuan diambil, anggota fraksi partai berlambang kabah itu masih melakukan kunjungan kerja di luar negeri.

"Hampir semua fraksi yang tandatangan tadi Komisi X. PPP ada kunjungan keluar negeri, tapi melalui telepon sudah menyatakan bersedia," tutup Khadafi.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X