Soal Percepatan Integrasi Transportasi Umum, Pj Gubernur DKI Jakarta Temui Menhub

- Senin, 24 Oktober 2022 | 15:46 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Indozone/Febyora Dwi Rahmayani)
Menhub Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Indozone/Febyora Dwi Rahmayani)

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menemui Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Mereka membahas percepatan integrasi transportasi umum massal berbasis rel, MRT, dan LRT di ibu kota.

"LRT dan MRT, saya konsen di arah itu. Kami akan lakukan sinkronisasi terkait pembiayaan di APBD 2023," ujar Pj Gubernur di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

Selain itu, Menhub menyatakan, penyelesaian proyek Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu (MRT) pada tahap 1 dan tahap 2 juga dibicarakan dalam pertemuan ini.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Heru Sarankan Warga WFH Jika Ada Potensi Hujan Lebat

"Oleh karenanya, kami banyak bicara. Pertama kali berkaitan dengan angkutan massal, dapat kita sampaikan, bahwa MRT sudah (selesai) tahap 1 dan tahap 2," sambung Menhub

Selain itu, MRT akan melakukan perjanjian kerja sama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga investor dalam G20 mendatang.

"Yang menggembirakan adalah untuk MRT, investornya bukan saja Jepang, tetapi sudah ada dari Korea dan dari UK Inggris. Sehingga, kita harapkan dalam kegiatan G20, kita akan melakukan MoU" lanjut Menhub.

Menurut Menhub, MRT jalur East-West saat ini sedang dilakukan feasibility studies (fs) dalam pembangunannya. Lalu, pembangunannya akan mulai pada 2023 dan selesai pada 2024.

"Jadi, kita lakukan feasibility untuk East-West sedang berlangsung dan kami harap itu bisa mulai tahun 2023 dan tahun 2024 kami sudah akan selesai," kata dia.

Oleh karena itu, Menhub mengatakan, selesainya pembangunan MRT dan LRT pada 2024 mendatang, harus seimbang dengan angkutan umum massal yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Apresiasi Kegiatan Donor Darah di Masa Pandemi

"Sejalan dengan angkutan massal, tentu kita ada MRT ada LRT yang akan selesai pada Juni 2024, dan DKI ada bis. Tentu, kita harus seimbangkan angkutan massal yang terjadi di sana," pungkas Menhub.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X