Resmikan Gapura Chinatown Jakarta, Anies Singgung soal Keberagaman dan Persaturan

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gapura Chinatown Jakarta. (Dok. Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gapura Chinatown Jakarta. (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown Jakarta dengan menarik tirai prasasti secara simbolis. Ia berharap, ikon ini dapat menjadi salah satu simbol persatuan dan kesetaraan warga di Jakarta.

“Peresmian ini menjadi pengingat kita bersama bahwa keberagaman yang ada di sekitar kita adalah karunia dari Yang Maha Kuasa, sedangkan persatuan adalah ikhtiar kita bersama,” ucap Anies, Jumat (1/7/2022).

Anies pun menceritakan kalau pembangunan gapura tersebut dibahas sejak 2018 lalu. Kini sudah berdiri tegak, ia juga berharap bangunan itu menjadi penanda bahwa Jakarta merupakan kota penuh dengan sejarah, serta kesetaraan akan hadir untuk semuanya.

Anies pun memuji konsep rancangan Gapura Chinatown Jakarta ini karena dinilai unik dari Gapura Chinatown yang ada di belahan dunia manapun. Menurutnya, bangunan ini bertekstur dari unsur batu, coklat genteng, serta unsur warna hijau perpaduan budaya Betawi, dengan tulisan berwarna coklat kayu.

Baca Juga: Jakarta Ternyata Sekeren Ini! Punya Chinatown Mirip di Singapura

"Bisa kita lihat keunikannya, di sini terlihat tidak ada unsur warna merah atau kuning seperti gapura-gapura kawasan Pecinan pada umumnya. Itulah pembeda utama Gapura Chinatown Jakarta dengan gapura-gapura pada umumnya,” ungkapnya.

“Di sini terlihat ukiran naga dan unsur awan yang dominan pada gapura, melambangkan kemakmuran dan perlindungan dari Sang Maha Pencipta," tambah Anies.

Di samping itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengapresasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) atas kolaborasi dalam merealisasikan proses pembangunan Gapura Chinatown Jakarta.

"Sebab, tanpa kolaborasi ini, tentu Jakarta akan terasa berat untuk menjadi kawasan yang menghadirkan kesetaraan,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X