Erick Thohir Termonitor Meraih Sentimen Positif Tinggi dalam Percakapan di Medsos

- Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:49 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok. KemenBUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok. KemenBUMN)

Nama Menteri BUMN, Erick Thohir, ternyata meraih sentimen positif yang cukup tinggi dalam percakapan dan pemberitaan yang menyebut nama kandidat Capres dan Cawapres 2024 di media sosial.

Hal ini diungkapkan MediaWave yang baru saja merilis laporan “Monitoring Percakapan dan Pemberitaan di Kanal Digital Kandidat Capres dan Cawapres 2024”.

MediaWave menggunakan Social Media Listening Tools dalam menangkap buzz (percakapan dan pemberintaan) seputar kandidat Capres dan Cawapres 2024 di kanal digital yang meliput Twitter, Online News, Facebook, Facebook Page, Instagram, Youtube, Forum, Blog dan TikTok. Penarikan data menggunakan daftar keywords terkait kandidat yang ditanamkan pada tools. Periode penarikan data yaitu 4 Desember 2022 - 4 Januari 2023. 

Baca Juga: Foto Bareng, Wishnutama: Tetap Semangat Erick Thohir dan Sandiaga Uno

Berdasarkan perbandingan data sentimen percakapan publik di media sosial, terdapat beberapa kandidat yang memperoleh persentase sentimen positif yang cukup tinggi, yakni Erick Thohir sebesar 65,3%.

-
Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. BUMN)

Percakapan positif terkait Erick Thohir salah satunya dipicu dari keaktifan para relawan media sosialnya aktif menaikkan tagar #bangkitbersamaET disertai informasi soal kinerja positif Erick Thohir selaku Menteri BUMN yang dinilai terbukti memberi kontribusi positif terhadap transformasi BUMN.

Baca Juga: Alasan Erick Thohir Ingin STY Tetap Latih Timnas Indonesia, Demi Prestasi!

Sedangkan, kandidat dengan persentase sentimen negatif yang paling tinggi diraih oleh kandidat Ridwan Kamil sebesar 8,2%. Topik mengenai pembangunan masjid menjadi pemicu sentimen negatif terhadap Ridwan Kamil, di mana salah satunya publik mengkritisi urgensi pembangunan masjid mewah di tengah lokasi yang minim akses transportasi umum di Bandung. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  juga meraih persentase sentimen negatif sebesar 6,6% yang lebih dominan dibanding sentimen positif, percakapan didominasi oleh adanya beragam tagar serangan yang dilayangkan lawan politiknnya, seperti #ahypolitikusgagal dan #ahyasalbicara. 

Selain Agus Yudhoyono, kandidat yang memperoleh serangan tagar yang cukup masif yaitu Anies Baswedan, di mana lawan politiknya juga aktif menaikkan tagar black campaign seperti #aniesdidukungkhilafah dan #htifpidukunganies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X