Turut Berduka Cita, Xanana Gusmao Melayat ke Kediaman BJ Habibie

- Minggu, 15 September 2019 | 10:21 WIB
Xanana Gusmao takziah ke kediaman BJ Habibie (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wpa)
Xanana Gusmao takziah ke kediaman BJ Habibie (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wpa)

Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao takziah ke rumah mendiang BJ Habibie. 

Xanana Gusmao menyampaikan dua pucuk surat kepada keluarga BJ Habibie ketika melayat ke kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Sabtu (14/9) malam. 

Thareq Kemal Habibie, selaku putra kedua BJ Habibie menyambut langsung Xanana Gusmao. 

"Dia menyampaikan dua pucuk surat, satu surat pribadi, dan satu surat dari pemerintah. Entah isinya apa saya belum sempat buka,” kata Thareq usai pertemuan, melansir dari Antara. 

Sementara itu, pertemuan Xanana dengan perwakilan keluarga yang berlangsung sekitar 30 menit di dalam rumah mendiang bersifat silaturahmi kekeluargaan.

"Lebih kekeluargaan karena beliau berdua cukup dekat dan Pak Xanana benar-benar berterima kasih sama Pak Habibie,” kata Thareq menambahkan.

Xanana menunjukkan turut berduka dan tidak sempat melihat Habibie untuk yang terakhir kalinya, 

"Beliau menyesal karena tidak sempat terbang untuk bertemu terakhir dengan Bapak. Baru dengar kabar wafat malam hari, besoknya sudah dikuburkan, tidak sempat terbang," ujar Thareq.

Dalam pertemuan kekeluargaan itu, tidak ada pesan khusus yang disampaikan oleh Xanana. Kebanyakan merupakan cerita-cerita, kesan, dan kenangan Xanana terhadap BJ Habibie.

"Beliau cerita kesan terhadap Bapak, kagum sama semangat Bapak yang tidak pernah menyerah, tidak pernah mau kalah, maju terus pantang mundur," ucap Thareq.

Sebelumnya, ramai video momen kedekatan hangat dari dua tokoh besar itu yang terekam dan tersebar di media sosial, ketika Xanana menjenguk BJ Habibie di rumah sakit sekitar akhir Juli lalu.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X