Pemuda Malaysia Usul Gerakan Kipas Angin Kembalikan Asap ke Indonesia

- Jumat, 13 September 2019 | 16:12 WIB
Twitter/@NeilTilbrook
Twitter/@NeilTilbrook

Mendengar kabar kabut asap yang semakin parah, seorang pemuda dari Malaysia meminta pemerintah untuk segera melakukan aksi nyata. Pria bernama Farhan ini menyerukan gerakan kipas angin untuk mengembalikan kabut asap ke Indonesia.

"Saya serukan kepada rakyat Malaysia kelaur pada tanggal 16 (September), bawa keluar kipas angin dan kita semua arahkan ke Indonesia," tulisnya lewat akun Twitter @lamkanahraf.

Unggahan yang telah berulang kali diunggah ulang ini mendapatkan tanggapan dari salah satu warga Malaysia. Ia mengunggah foto ilustrasi Menara Kuala Lumpur. Foto tersebut menunjukkan ide unik untuk mengubah menara setinggi 421 meter itu menjadi kipas angin raksasa.

"Secara kolektif, kita pasti tiup belik kabur asap ke Indonesia! Ayo rakyat Malaysia!!" serunya.

Seruan oleh pemuda Malaysia ini sebenarnya mengandung sindiran baik untuk pemerintah Malaysia maupun untuk Indonesia. Sindiran ini bertujuan untuk berhenti saling menyalahkan dan segera mengambil tindakan.

-
Twitter/@NeilTilbrook

 

Meskipun begitu, di sisi lain masih ada sejumlah pemuda Malaysia yang menilai bahwa bencana kabut asap yang terjadi perlu dilihat sebagai bagian dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Seorang warga bernama Mimie Rahmna mengatakan bahwa pemerintah Indonesia dan Malaysia beserta juga warga harus bisa saling bekerja sama untuk memerangi kabut asap. Hal ini dinilai lebih baik daripada hanya saling menuduh.

"Buat perubahan, tidak hanya untuk negara ini, tetapi secara global dalam memerangi bukan hanya masalah kabut asap namun juga isu lain terkait perubahan iklim," ungkapnya.

-
instagram/@NeilTilbrook

 

Mimie menjelaskan bahwa warga perlu berperan aktif dalam upaya mengatasi kabut asap yang kian memburuk.

"Ketika kita melihat kebakaran di ruang terbuka, kita perlu melakukan sesuatu dan berhenti untuk hanya sekadar melihat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X