Presiden Jokowi Beri 3 Arahan untuk Jaga Stok Pangan Jelang Kemarau

- Selasa, 5 Mei 2020 | 10:39 WIB
Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. (ANTARA/Sigid Kurniawan)
Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas antisipasi dampak musim kemarau terhadap ketersediaan bahan pokok. Hal tersebut dibahas dalam rapat terbatas (ratas) pada hari ini, Selasa (5/5/2020).

Presiden Jokowi menginstruksikan, agar ketersediaan bahan pangan tidak terganggu pasca beberapa kali membahas mengenai peringatan dari Food and Agriculture Organization (FAO) terkait krisis pangan duni.

Terlebih lagi, kata Jokowi, tak lama lagi Indonesia akan masuk musim kering atau kemarau. Kepala Negara mengingatkan, untuk adanya antisipasi yang harus dipersiapkan dengan betul agar stabilitas bahan pokok tidak terganggu.

“Pertama, ketersediaan air di daerah sentra-sentra produksi pertanian. Ini merupakan kunci. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan dari sekarang, mulai dari penyimpanan air hujan, kemudian memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air lainnya. Ini penting,” kata Presiden Jokowi dalam video conference, Selasa (5/5/2020).

Kemudian, Jokowi juga mengingatkan untuk mempercepat musim tanam karena masih terdapat curah hujan pada saat ini. Sehingga petani-petani harus tetap berproduksi, dengan juga memperhatikan protokol kesehatan.

“Oleh sebab itu, ketersediaan sarana-sarana produksi pertanian, baik itu yang berkaitan dengan bibit pupuk harus betul-betul ada, dan harganya terjangkau. Kemudian stimulus ekonomi untuk petani. Ini juga agar dipertajam lagi,” tambahnya.

Terakhir, Presiden Jokowi minta, manajemen stok bahan-bahan pokok pangan dapat dikelola dengan baik. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut ingin perhitungannya dilakukan dengan sangat detail.

“Bulog harus tetap membeli gabah dari petani, sehingga harga di petani menjadi lebih baik,” tutup Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X