5 Kategori Pelecehan Seksual Yang Kamu Harus Tau

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 14:21 WIB
ilustrasi/Bizlibrary
ilustrasi/Bizlibrary

Selama ini orang-orang menganggap bahwa pelecehan seksual hanya dalam bentuk pemerkosaan dan pemaksaan saja, padahal banyak lagi aksi yang masuk dalam kategori pelecehan seksual.

Komnas perempuan menyebutkan jika pelecehan seksual adalah tindakan yang bernuansa seksual, baik yang disampaikan melalui kontak fisik maupun kontak non-fisik. Biasanya tindakan ini menyasar ke bagian tubuh atau area seksualitas seseorang.

Siulan, main mata, komentar atau ucapan bernuansa seksual, colekan, sentuhan atau gerakan bernuansa seksual hingga membuat seseorang tidak nyaman masuk dalam kategori pelecehan seksual. Lalu apa sajakah kategori tersebut? Berikut ini ulasannya

1. Perilaku menggoda

-
ilustrasi/Working mother

 

Mengajak pergi dengan cara yang memaksa, mengirimkan pesan dan telepon yang membuat seseorang terganggu dan ajakan lainnnya masuk dalam katergori perilaku menggoda.

2. Pelecehan gender

-
ilustrasi/Bizlibrary

 

Komentar menghina, gambar dan tulisan yang berisfat merendahkan wanita, hingga lelucon yang mengandung nilai merendahkan wanita masuk dalam kategori pelecehan gender.

3. Sentuhan fisik yang disengaja

-
ilustrasi/huffpost

 

Perbuatan yang paling berat dari pelecehan seksual ialah menyentuh secara fisik dengan sengaja. Seseorang yang dengan sengaja menempelkan tubuhnya ke bagian tubuh tertentu orang lain termasuk dalam kategori pelecehan seksual.

4. Pemaksaan seksual

-
ilustrasi/everyday health

 

Memaksa seseorang terlebih dengan sebuah ancaman agar mau melakukan aktivitas seksual masuk dalam kategori pelecehan seksual.

5. Penyuapan seksual

-
EHS Today

 

Menjanjikan imbalan agar permintaan aktivitas seksual dapat dipenuhi adalah salah satu bentuk pelecehan seksual.

Lalu bagaimana jika kita dilecehkan? Apa yang harus kita lakukan? Berikut ini berbagai strategi yang bisa kamu lakukan:

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X