Bentuk & Permukaan Seperti Bumi, Ini 5 Planet Baru yang Ditemukan

- Senin, 2 September 2019 | 17:06 WIB
photo/NASA/Brightside
photo/NASA/Brightside

Berbicara tentang galaksi, perjalanan ruang angkasa, dan hal-hal lain tentang kehidupan di planet lain selain bumi adalah topik yang menarik bagi sebagian orang. Sebenarnya ada banyak juga penemuan-penemuan baru dari luar angkasa yang belakangan ini baru terungkap.

Namun, terlepas dari segala macam penemuan itu, ada beberapa benda langit yang bentuk dan permukaannya seperti planet Bumi. Penasaran apa saja? Berikut ini 5 planet baru yang ditemukan, seperti dirangkum Indozone dari laman Brightside, Senin (2/9):

1. TRAPPIST-1e

-
photo/NASA/Brightside

Planet ini letaknya cukup jauh, sekitar 40 tahun cahaya dari bumi. Menurut Habitability Catalague, Trappist-1e merupakan planet ketiga yang paling berpotensi layak huni dan 95 persen mirip dengan Bumi.

2. Kepler-438b

-
photo/NASA/Brightside

Planet Kepler-438b ditemukan oleh pesawat luar angkasa Kepler milik NASA. Para ilmuwan berspekulasi bahwa ada cairan air di permukaan planet ini. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa planet ini menerima radiasi kuat dari cahaya matahari setiap 100 hari sekali. Karena itulah, planet ini tidak dapat dihuni. Bentuk dan permukaannya memiliki tingkat kemiripan 88 persen dengan Bumi.

3. Proxima Centauri b

-
photo/NASA/Brightside

Planet ini berada pada garis orbit bintang Proxima Centauri. Jaraknya sangat dekat dengan matahari dan termasuk planet yang tidak layak dihuni. Satu sisi, keadaan di planet ini cenderung gelap. Untuk tingkat kemiripannya dengan Bumi sekitar 87 persen.

4. EPIC 201238110.02

-
photo/NASA/Brightside

Berikutnya adalah planet EPIC 201238110.02 yang belum lama ini ditemukan. Planet mirip Bumi ini merupakan satu-satunya yang terletak di zona habitasi bintang. Jaraknya sekitar 522 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di antara rasi bintang Leo dan Virgo.

5. Wolf 1061c

-
photo/NASA/Brightside

Jaraknya sekitar 13,8 tahun cahaya dari Bumi. Ini adalah planet kelima yang diketahui paling potensial untuk dihuni. Planet ini memiliki tingkat kemiripan 76 persen dengan planet Bumi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X