Memanas, DPR Minta WNI di Iran dan Irak Lebih Waspada

- Kamis, 9 Januari 2020 | 16:21 WIB
Warga Iran melakukan selebrasi setelah meluncurkan rudal ke pasukan AS di Teheran, Irak, Rabu (8/1/2020). (REUTERS/Nazanin Tabatabaee)
Warga Iran melakukan selebrasi setelah meluncurkan rudal ke pasukan AS di Teheran, Irak, Rabu (8/1/2020). (REUTERS/Nazanin Tabatabaee)

Situasi Amerika Serikat dan Iran kian memanas. Ketegangan meningkat usai perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawak yang diluncurkan AS.

Hal ini tentunya berdampak pada negara Indonesia, bukan hanya dari sisi ekonomi atau negara. Namun keselamatan jiwa WNI yang berada di sana.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan agar para WNI yang sedang berada di Iran, Irak dan negara sekitar untuk meningkatkan rasa waspada dan lebih berhati-hati.

"Kita imbau kepada warga negara kita di Iran untuk lebih waspada dan berhati-hati ya. Nanti kita lihat perkembangan situasi untuk upaya bantuan negara terhadap warga negara kita di Iran," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone (9/1/2020).

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, ada sekitar 850 WNI tinggal di Irak, sementara sekitar 474 WNI tinggal di Iran. 

Melalui laman resminya Kemenlu mengimbau seluruh WNI di Irak, Iran, dan negara sekitar untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Kemenlu juga telah memaparkan nomor-nomor perwakilan RI di negara-negara Timur Tengah yang bisa dihubungi jika para WNI menghadapi kesulitan dan membutuhkan bantuan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X