Tol Langit Bikin Internet Ngebut di Wilayah Terpencil?

- Senin, 14 Oktober 2019 | 20:32 WIB
Menkominfo Rudiantara memastikan proyek Palapa Ring secara otomatis meningkatkan kualitas layanan internet cepat di wilayah terpencil (Antara/Puspa Perwitasari).
Menkominfo Rudiantara memastikan proyek Palapa Ring secara otomatis meningkatkan kualitas layanan internet cepat di wilayah terpencil (Antara/Puspa Perwitasari).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara memastikan tersambungnya proyek Palapa Ring secara otomatis meningkatkan kualitas layanan internet cepat di 514 kabupaten, dan kota seluruh Indonesia. 

Palapa Ring atau proyek tol langit, diluncurkan di kompleks Istana Negara, Senin (14/10). Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

"Jadi mulai saat ini, Agustus kemarin, dari 514 kabupaten kota, tidak ada yang tidak dihubungkan oleh jalan tol tadi," kata Rudiantara dalam keterangannya, Senin (14/10). 

Proyek Palapa Ring seharusnya bisa dieksekusi pada 2005. Namun, sejumlah faktor membuat proyek prestisius itu baru bisa dijalankan pada 2015, atau molor 10 tahun.

Rudiantara menjelaskan, infrastruktur informasi dan komunikasi teknologi Indonesia sejatinya masih tertinggal. Perbandingannya mengacu terhadap negara-negara tetangga, misalnya Thailand dan Malaysia.

"ICT (teknologi informasi komunikasi) infrastruktur terhadap PDB dari pemerintah kita hanya membelanjakan 0,1 persen dari PDB. Thailand 0,3 persen dari PDB, Malaysia 0,6 persen dari PDB," ungkap Rudiantara. 

Berdasarkan laporan terbaru e-Conomy SEA 2019 yang disusun Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia memimpin pasar ekonomi internet di Asia Tenggara (ASEAN). Raihan jumlah transaksi diprediksi mencapai US$40 miliar pada 2019.

Laporan itu juga mengungkap ekonomi internet Indonesia tumbuh lebih dari lima kali lipat dari US$8 miliar pada 2015. Tingkat pertumbuhan rata-rata 49 persen dan berpotensi mencapai US$133 miliar pada 2025. (SN)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X