Waspada Modus Penipuan Jelang Seleksi CPNS

- Rabu, 16 Oktober 2019 | 15:56 WIB
Ilustrasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). (setkab.go.id)
Ilustrasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). (setkab.go.id)

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan segera dibuka. Biasanya, animo masyarakat sangat tinggi menyambut dibukanya seleksi CPNS.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau masyarakat yang ingin mendaftar untuk berhati-hati. Pasalnya sering terjadi modus penipuan yang dilakukan sejumlah oknum jelang seleksi CPNS.

"Jenis penipuan yang kerap ada selama ini beragam, mulai dari Surat Keputusan (SK) palsu hingga simulasi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang mengatasnamakan BKN," ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan seperti dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (16/10).

Untuk itu, buat kalian yang ingin coba peruntungan menjadi abdi negara, harus semakin pintar dalam menyaring informasi resmi.

-
Ilustrasi CPNS. (Setkab.go.id)

BKN mengajak para peminat CPNS untuk mencari informasi seputar penerimaan seleksi di situs resmi pemerintah. Atau bisa juga lewat media sosial yang sudah terverifikasi, seperti Indozone

Simulasi SKD Gratis

Sementara itu, Kepala Subbidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN Efni Surayadi tak mempermasalahkan jika para calon peserta seleksi berlatih soal SKD di banyak tempat.

Meski demikian, dia menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi resmi milik pemerintah. Selain gratis dan mudah diakses, soal-soal yang ada resmi dari bank soal BKN.

"Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya," kata Efni. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X