Cantiknya Supermoon Pertama di 2020
Bulan (Unsplash.com/KT)
News

Cantiknya Supermoon Pertama di 2020

Fenomena alam.

Minggu, 09 Februari 2020 23:00 WIB 09 Februari 2020, 23:00 WIB

INDOZONE.ID - Di film-film terkadang diperlihatkan saat bulan tampak penuh, bulat, terang, dan seolah dekat dengan bumi. Itu bukan hanya ada dalam cerita saja, merupakan fenomena alam yang disebut sebagai supermoon.

Para astronom mencatatnya sevagai keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Malam ini, Minggu, (9/2/2020) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan kondisi bulan dalam jarak terdekat dengan bumi. Fenomena ini akan menunjukkan penampakan bulan yang paling besar dan terang atau sering disebut Supermoon.

"Selamat malam Sobat LAPAN. Sudah weekend aja nih. Happy weekend ya sob =) Sobat LAPAN tahu nggak kalau 9 Februari 2020 akan ada Supermoon. Dan tanggal 9 Februari ini merupakan salah satu jarak terdekat bulan terhadap bumi yaitu 362.479 km. Supermoon akan terjadi sebanyak 4 kali di tahun 2020. Jadi, jika ingin melihat supermoon bisa diagendakan ya sob," ucapnya dalam pernyataan tertulis dikutip dari akun resmi Lapan di Instagram, Minggu (9/2/2020).

Kepala Lembaga LAPAN Thomas Djamaluddin menyatakan ada dua pendapat mengenai fenomena langit malam ini. Dua pendapat itu ada yang menganggap bulan purnama ini adalah supermoon; dan pendapat kedua menyebutkan bukan supermoon.

"Tidak ada definisi pasti yang menyebut supermoon. Ada yang menggunakan istilah itu dan ada yang tidak. Astronomi tidak mengenal istilah supermoon. Istilah itu digunakan media dan astrolog," ucapnya saat dihubungi Indozone.

Menurutnya, istilah supermoon sebagai daya tarik bagi publik. Secara kasat mata, tidak jauh berbeda dengan bulan purnama biasa. Hanya jika dilihat dengan kamera tertentu, baru dapat diamati ukurannya lebih besar.

Thomas juga mengatakan fenomena alam ini tidak menimbulkan dampak yang signifikan kepada Bumi, hanya seperti ketika terjadi purnama atau bulan baru biasa.

"Hanya efek pasang surut air laut. Ketika pasang air laut lebih tinggi, seperti saat purnama," ujarnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Mula Akmal
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU