Peneliti: Selfie 5 Kali Lipat Lebih Mematikan daripada Serangan Hiu

- Jumat, 28 Juni 2019 | 11:16 WIB
Unsplash
Unsplash

Sebuah penelitian dari Journal of Family Medicine and Primary Care India mengungkapkan bahwa selfie lima kali lipat lebih mematikan daripada serangan hiu. Pernyataan tersebut didasari oleh banyaknya orang yang tewas ketika sedang selfie dibandingkan menjadi korban serangan hiu.

Diketahui, 259 orang tewas ketika sedang selfie di seluruh dunia, jumlah ini terhitung antara Oktober 2011 hingga November 2017. Jumlah tersebut bahkan mencapai lima kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah korban tewas akibat serangan hiu. Jumlah korban tewas akibat serangan hiu itu sendiri yaitu sekitar 50 orang dalam periode yang sama.

Jumlah korban tewas akibat berfoto selfie diketahui naik setiap tahunnya. Keberadaan teknologi yang semakin canggih membuat orang semakin 'nekat' dan berani mengambil resiko yang lebih besar untuk mendapat foto-foto yang apik.

Laporan jurnal itu juga menyebutkan bahwa tiga perempat korban tewas dalam insiden selfie adalah para pria muda. Adapun penyebab kematian dalam insiden selfie tersebut yaitu kecelakaan, terjatuh, tenggelam ataupun tertembak secara tak sengaja.

Peristiwa selfie berujung maut yang melibatkan anak muda sering terjadi di India. Beberapa waktu lalu, sekelompok anak muda di India tewas usai kapal yang mereka naiki tenggelam ketika mereka sedang sayik selfie.

Setelah India, Rusia, Amerika dan Pakistan juga sering menjadi lokasi banyaknya korban tewas akibat berfoto selfie.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X