Insan Kreatif Lahirkan Tren Baru di Tengah Pandemi Corona, Ini Kata Kemenparekraf

- Rabu, 29 April 2020 | 16:37 WIB
Ilustrasi videografer. (Pexels/Terje Sollie)
Ilustrasi videografer. (Pexels/Terje Sollie)

Sektor industri kreatif adalah salah satu sektor yang paling terdampak di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Namun, para insan kreatif bisa menciptakan karya dan tren baru di tengah pandemi.

Hal ini mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Joshua Simandjuntak dalam acara "Collabonation", Selasa (28/4/2020) mengatakan, semua subsektor ekonomi kreatif terkena dampak yang besar dari Covid-19. Bahkan menurutnya masyarakat bukan saja menghadapi tanggap darurat kesehatan, tapi tanggap darurat ekonomi.

"Dalam situasi saat ini kita memang harus tetap produktif meski dalam keterbatasan masing-masing. Dan sekarang kita memang harus beradaptasi," kata Joshua dalam pernyataannya.

-
Ilustrasi.(freepik)

Joshua memberi contoh beberapa karya insan kreatif di tengah pandemi corona. Salah satunya adalah fotografer Heret Frasthio yang mengusung pola #ShootFromHome, sehingga fotografer-fotografer masih dapat berkarya dan bekerja. Dari pola tersebut, kemudian diadopsi ke bidang-bidang kreatif lain seperti videografi dan kolaborasi bersama.

"Dari kreativitas ini tentu menjadi hal yang positif, menjadi solusi bagaimana insan kreatif tetap produktif," kata Joshua.

Ia melanjutkan, Kemenparekraf mendorong agar hal yang sama bisa dilakukan subsektor ekonomi kreatif lainnya dan pemerintah siap memfasilitasi.

"Tidak hanya terobosan ini yang harus bisa disebarluaskan, tapi bagaimana mentalitas untuk ini dijaga untuk dapat terus mencari solusi kreatif. Kami terus ada, membantu jadi fasilitator, mempertemukan dengan berbagai pihak agar solusi yang teman-teman dapatkan bisa terseminasi dan berkembang di sektor lain," pungkas Joshua.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X