The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anies Baswedan: Ada 5,5 Juta Kasus Penyakit akibat Polusi Udara
DKI Jakarta. (Pexels/Tom Fisk)
News

Anies Baswedan: Ada 5,5 Juta Kasus Penyakit akibat Polusi Udara

Infeksi saluran pernapasan.

Rabu, 23 September 2020 13:30 WIB 23 September 2020, 13:30 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan, terdapat sebanyak jutaan kasus penyakit infeksi saluran pernapasan yang terjadi setiap tahunnya dikarenakan kualitas udara yang tidak baik atau polusi udara.

Bahkan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengungkapkan kalau biaya pengobatan dari 5,5 juta kasus penyakit saluran pernapasan itu tidaklah murah, yakni bisa mencapai Rp60,8 triliun.

“Para pakar memperkirakaan bahwa polusi udara berkontribusi terhadap 5,5 juta kasus infeksi saluran pernapasan disebabkan polusi di Jakarta setiap tahunnya, atau dengan kata lain 11 kasus per menit,” ucap Anies dalam diskusi virtual, Rabu (23/9/2020).

Untuk menekan pencemaran udara yang terjadi, Anies mengungkapkan telah berupaya dengan menerbit Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 tahun 2019 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengendalian Kualitas Udara Jakarta.

“Misalnya, kami akan memasang lebih banyak panel surya di gedung-gedung pemerintahan, serta juga meningkatkan penggunaan energi bersih untuk sektor tranportasi,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih menjabarkan kualitas udara di Jakarta selama lima tahun terakhir, yakni dari 2015 hingga 2019. Dalam penjelasannya, terjadi peningkatan polusi udara.

“Dilihat dari indeks standar kualitas udara 5 tahun terakhir di DKI kita dpt mengamati adanya peningkatan jumlah hari tidak sehat. Dimana pada tahun 2015 terdapat 64 hari berkategori tidak sehat, sedangkan di 2019 jumlahnya jadi 183 hari,” ungkap Andono.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US