Kisah Pilu Kakak Beradik Bertahan Hidup Melawan Kanker Otak: Kami Tak Mau Mati Seperti Ini

- Senin, 3 Agustus 2020 | 11:59 WIB
Linda Nolan dan Anne Nolan, personel The Nolans yang terserang kanker hingga botak. (Foto: Istimewa)
Linda Nolan dan Anne Nolan, personel The Nolans yang terserang kanker hingga botak. (Foto: Istimewa)

SELAMA lebih dari 40 tahun, Linda Nolan dan Anne Nolan telah tampil berdampingan di atas panggung sebagai anggota girlband Irlandia, The Nolans.

Tetapi bulan lalu kakak beradik ini duduk bareng dengan keadaan yang sangat berbeda, usai menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Victoria di Blackpool, yang menyebabkan mereka kehilangan rambut mereka.

Segera setelah kembali ke rumah dari syuting serial TV 'The Nolans Go Cruising', dengan rekan mereka Coleen dan Maureen pada bulan Maret, Linda dan Anne didiagnosa kanker mematikan, yang menyebabkan mereka kehilangan rambut.

Kanker otak sebelumnya telah membunuh rekan mereka, Bernie, pada 2013 lalu.

Anne (69 tahun), personel tertua The Nolan, menegaskan bahwa dirinya tak ingin bernasib serupa dengan Bernie.

“Saya tidak ingin mati. Saya sangat mencintai hidup saya. Saya mencintai putri-putri saya, cucu-cucu saya, teman-teman saya, semua keluarga saya. Saya ingin hidup selama mungkin," ujarnya, seperti dilansir The Sun.

-
The Nolans saat masih aktif manggung. (Foto: Instagram/The Nolans)

Hal yang sama juga diucapkan Linda. Dia bilang dia tak ingin mati sekarang.

“Meskipun aku percaya pada Tuhan, aku masih takut. Ini sangat sulit dan saya takut mati. Saya tidak ingin mati," katanya.

Kanker Linda yang tak tersembuhkan tumbuh di hatinya, kekambuhan ketiganya setelah kanker payudara pada 2006, selulitis dan limfedema di lengannya pada 2007 dan kanker sekunder pada panggulnya pada 2017.

Sementara itu, kanker payudara Anne adalah stadium tiga, yang paling serius adalah stadium empat, dan ini adalah kedua kalinya ia harus melawan penyakit itu.

“Kanker pertama saya didiagnosis pada April 2000. Saya menemukan benjolan pada bulan April, jadi sudah tepat 20 tahun berlalu," katanya.

Linda dan Anne menemui seorang psikolog untuk membantu mereka mengatasi kanker mereka, dengan keadaan mereka yang semakin sulit di tengah pandemi corona.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by The Nolans (@thenolansisters) on

Anne, yang bercerai dari mantan pemain sepak bola Brian Wilson, mengatakan bahwa dirinya mengalami serangan kecemasan yang semakin terasa sejak pandemi. Sedihnya lagi, dia kurang mendapat dukungan dari keluarganya lantaran tak boleh bertemu karena Pandemi Corona.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X