The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Miris, Potret Pendidikan Indonesia Makin Terpuruk Akibat Sekolah Online
Ilustrasi pendidikan. (freepik)
News

Miris, Potret Pendidikan Indonesia Makin Terpuruk Akibat Sekolah Online

Tidak terkonsep.

Kamis, 30 Juli 2020 14:01 WIB 30 Juli 2020, 14:01 WIB

INDOZONE.ID - Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji berpendapat, pemerintah saat ini harus fokus untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas pendidikan di Indonesia. Sebab menurutnya, dengan adanya sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Daring atau sekolah online, kualitas pendidikan saat ini justru semakin terpuruk. 

"Sebelum pandemi saja kualitas pendidikan kita yang terburuk di dunia. Jadi apa yang terjadi sekarang ini cuma merupakan bentuk asli pendidikan Indonesia yang mutunya buruk," ujar Indra kepada Indozone, saat dihubungi melalui sambungan telpon pada Kamis (30/7/2020). 

Indra mengatakan, PJJ Daring merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan, disaat sekolah sistem tatap muka sangat riskan untuk dijalankan. Namun demikian kondisi di Indonesia saat ini, sistem PJJ Daring tidak terkonsep dan memang belum semua golongan masyarakat bisa menerima. 

"Jadi saya sampaikan, memang PR nya berat. Untuk memperbaiki ini, kita harus punya grand design yang jelas. Kita dari mana mau menuju kemana. Gak bisa kalau dipotong-potong dan bikin event-event seperti sekarang ini," tuturnya. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim sendiri sebenarnya menyadari kekurangan dari sistem PJJ Daring. Bahkan di suatu kesempatan, dirinya yang biasa dipanggil Mas Menteri itu menyampaikan ia tidak akan menjadikan PJJ Daring sebagai kebijakan tetap di Indonesia.

Mas Menteri menyampaikan, pembelajaran tatap muka merupakan metode terbaik yang tak bisa digantikan.

Kemendikbud memastikan tidak memiliki rencana mempermanenkan PJJ sebagai satu-satunya model belajar mengaar di semua sekolah.

"Pembelajaran tatap muka adalah model pembelajaran terbaik yang tidak bisa digantikan. Kemendikbud memastikan tidak memiliki rencana mempermanenkan PJJ sebagai satu-satunya model belajar mengaar di semua sekolah," kata Nadiem Makarim beberapa waktu lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US