The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah China Disebut akan Ambil Alih Perusahaan Jack Ma
Jack Ma (REUTERS/Stringer)
News

Pemerintah China Disebut akan Ambil Alih Perusahaan Jack Ma

Jumat, 15 Januari 2021 14:08 WIB 15 Januari 2021, 14:08 WIB

INDOZONE.ID - Memburuknya hubungan antara Jack Ma dengan Pemerintah China, membuat pemerintah melakukan penyelidikan anti-monopoli ke perusahaan Jack Ma, yaitu Alibaba dan Ant Group.

"Berdasarkan informasi yang diterima oleh Administrasi Negara untuk regulasi Pasar dalam beberapa hari terakir, pemerintah akan menyelidiki Alibaba, karena dugaan monopoli," demikian pernyataan pemerintah China.

Dilansir dari IB Times, beredar dugaan bahwa penyelidikan ini akan mengarah pada nasionalisasi atau pengambilalihan perusahaan Jack Ma.

Penyelidikan juga dilakukan kepada Tencent dan Meituan. Pakar industri keuangan dan internet, Song Qing mengatakan penyelidikan ini kemungkinan merupakan perintah level tertinggi partai.

Karena itulah, bukan tidak mungkin kalau Ant Group dan Alibaba akan diambil alih oleh pemerintah China.

"Nanti pasti ada hasilnya, sekarang mereka sedang melakukan penyelidikan... [tindakan] itu mungkin datang dari level tertinggi [partai]. Hal itu juga, menurut saya, sengaja untuk memberikan pelajaran " ujar Song Qing kepada Radio Free Asia.

Di lain pihak, media People's Daily mengatakan bahwa penyelidikan anti-monopoli ini akan menghasilkan perkembangan yang lebih baik.

"Beberapa pekan lalu, mereka telah merencanakan untuk mengambil alih Ant Group dan Alibaba; waktunya jelas disengaja... Semua rencana datang dari pimpinan pusat," lanjut Qing.

Pemerintah China sendiri berdalih penyelidikan anti-monopopli demi menghadirkan kompetitif yang lebih sehat di ruang internet. Pemerintah akan memperkuat aturan anti-monopoli ini di tahun 2021.

Alibaba adalah salah satu platform e-commerce terbesar di China sementara Ant Group adalah platform pembayaran online terbesar di China.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US