Viral 6 Anggota Satpol PP Makassar Naik Sepeda Brompton Seharga Rp90 Juta, Ini Kata Kasat

- Rabu, 8 Juli 2020 | 15:44 WIB
Enam anggota Satpol PP Makassar berfoto dengan sepeda Brompton seharga Rp90 juta. (Foto: Istimewa)
Enam anggota Satpol PP Makassar berfoto dengan sepeda Brompton seharga Rp90 juta. (Foto: Istimewa)

Sebuah foto menunjukkan enam anggota Satpol PP Makassar kompak menggandeng sepeda lipat merek Brompton, viral di media sosial dan menjadi bahan pergunjingan netizen.

Dalam foto yang diunggah akun Instagram @plat_dinas_official, tertulis keterangan yang menyinggung soal harga sepeda lipat impor itu.

"Kalau 1 sepeda lipet harganya hampir 90juta, nggak sekalian beli Moge Kawasaki 650cc aja ya??"

Yang menarik perhatian, warna sepeda itu senada dengan warna seragam Satpol PP, sehingga terkesan seolah-olah sepeda itu dianggarkan oleh instansi yang bersangkutan.

Dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (8/7/2020), Kepala Satpol PP Makassar, Iman Hud, mengakui bahwa enam orang dalam foto itu memang anggotanya. Namun, katanya, sepeda lipat yang dipakai mereka bukan aset milik Satpol PP Makassar.

"Mana mungkin kami bisa beli sepeda lipat seperti itu. Itu kan mahal. Apalagi sekarang kondisi kita sedang pandemi," ujarnya kepada Indozone.id.

Iman bilang, foto itu juga diambil tahun 2019 ketika Pandemi COVID-19 belum ada. Mereka, kata dia, berfoto di dekat Pantai Losari, depan Rumah Dinas Wali Kota Makassar yang terletak di Jalan Penghibur, Kecamatan Ujungpandang, Makassar.  

"Itu foto tahun lalu, tapi baru viral sekarang, karena di-upload lagi. Saya jadi tidak enak gara-gara itu viral. Disangka orang kami ini mau foya-foya. Padahal itu bukan sepeda kami," kata Iman.

Namun, foto yang terlanjur viral itu membuat banyak netizen geram. 

"Ngomong2 beli nya pake anggaran pengadaan apa yaa klo bener2 Brompton yg dipakai," komentar seorang netizen.

"Bjir, jadi bingung ane tentang pemikiran pejabat yang megang pengadaan barang barang negara. Kadang kadang seringnya beli yang mahal padahal fungsinya dan durabilitasnya sama dengan yang agak murah. Faktor gengsi atau apa? Kalau di luar negeri pengadaan barang seperti ini malah milih yang paling murah tapi punya fungsi dan durabilitasnya sama," tulis yang lain.

"Beli Brompton mampu, ngasih swab test buat rakyat gak mampu," ujar yang lainnya.

Selain foto, ada pula sebuah video yang menampilkan enam anggota Satpol PP itu menaiki sepeda mahal itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Plat Dinas (@plat_dinas_official) on

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X