Anies Pertimbangkan Usul Pengusaha Bentuk Komite Percepatan Pemulihan Perekonomian Jakarta

- Rabu, 22 Juli 2020 | 15:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, akan mempertimbangkan usulan dari pengusaha terkait Komite Percepatan Pemulihan Perekonomian Jakarta. Hal itu sebagai upaya untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi di Jakarta, dengan menggerakkan sektor-sektor produktif, agar kondisi perekonomian bisa segera normal. 

Anies menyadari, sejumlah sektor usaha memang membutuhkan perlakuan khusus untuk bisa bangkit, setelah badai pandemi meruntuhkan usaha mereka. Sebut saya seperti pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM), hingga usaha di bidang pariwisata dan transportasi, yang membutuhkan perlakuan tertentu agar bisa bangkit. 

Diakui Anies, pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (20/7/2020) lalu, memang sebuah upaya yang cukup baik dan perlu disinergikan di tingkat daerah. 

"Itu sebenarnya yang dibutuhkan yang tadi saya gunakan istilah Lebih induktif dan menyesuaikan kebutuhan di lapangan," kata Anies dalam webinar 'Optimalisasi Kredit Usaha Mikro untuk Pulihkan Ekonomi Jakarta', yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Balaikota, Rabu (22/7/2020).

Namun demikian, tak hanya upaya dari Pemprov saja, ia juga menyarankan agar pelaku UKM dan usaha lainnya juga bisa  membuat terobosan yang dibutuhkan, sesuai dengan kapasitas dan kebutuhannya agar kebijakan yang ditelurkan pemerintah pusat dan juga provinsi, bisa bersambut dengan upaya yang dilakukan pelaku usaha sendiri. 

"Saya berharap semuanya bisa berikan masukan dan kita harus memikirkan untuk jangka menengah, bukan jangka pendek saja," tuturnya. 

Lanjut Anies, terobosan yang dibuat itu nantinya bisa didiskusikan dengan Pemprov DKI Jakarta, agar dapat dilanjutkan dengan membuat sebuah regulasi yang dibutuhkan, agar dapat memulihkan perekonomian pelaku usaha dan Jakarta. 

"Bisa saja nanti berupa fasilitas kegiatan, pemberian kredit, bantuan untuk UKM, dan sebagainya," tuturnya. 

Sebelumnya, Ketua DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Jakarta, Sarman Simanjorang dalam kesempatan yang sama menyampaikan usulan itu secara langsung kepada Anies. Ia mengusulkan adanya gugus tugas yang fokus menyusun langkah taktis dan strategis memulihkan perekonomian Jakarta saat pandemi Covid-19. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X