FOTO: Topan Vamco Menghantam Filipina, Melumpuhkan Sebagian Manila

- Kamis, 12 November 2020 | 12:35 WIB
Angin kencang dan hujan lebat dari Topan Vamco di Malinao, Albay, Filipina (REUTERS/KIKO FLORENTINO)
Angin kencang dan hujan lebat dari Topan Vamco di Malinao, Albay, Filipina (REUTERS/KIKO FLORENTINO)

Hujan deras dari Topan Vamco melanda provinsi-provinsi di pulau utama Luzon Filipina pada hari Kamis (12/11/2020), menewaskan sedikitnya satu orang dan melumpuhkan beberapa bagian ibu kota Manila.

Vamco, topan ke-21 yang melanda Filipina tahun ini, menghantam Filipina ketika masih belum pulih dari Badai Goni, topan terkuat di dunia tahun ini yang menewaskan 25 orang dan menghancurkan ribuan rumah pada awal November.

Walikota Marikina Marcelino Teodoro mengatakan 40.000 rumah telah terendam seluruhnya atau sebagian di daerah tersebut.

Di beberapa bagian Manila, orang-orang mengarungi banjir setinggi pinggang, membawa barang berharga dan hewan peliharaan, sementara petugas penyelamat mengangkut penduduk dengan perahu.

Penerbangan dan angkutan massal di Manila dihentikan sementara serta penjaga pantai menghentikan operasi pelabuhan. Pekerjaan pemerintah ditangguhkan dan pasar keuangan ditutup.

Badai Vamco kini telah melemah, dengan kecepatan angin berkelanjutan 130 kilometer (81 mil) per jam dan hembusan hingga 215 kilometer per jam (133,59 mph) saat bergerak melintasi Luzon, rumah bagi setengah dari 108 juta penduduk Filipina.

-
Seorang pria mengayuh sepedanya melewati pohon tumbang setelah Topan Vamco (REUTERS/Eloisa Lopez)
-
Penduduk mengungsi dari komunitas mereka yang banjir saat Topan Vamco menghantam ibu kota Filipina (REUTERS/Eloisa Lopez)
-
Seorang pria membawa seekor anjing saat dia mengungsi dari lingkungan yang banjir setelah Topan Vamco (REUTERS/Eloisa opez)
-
Warga mengambil barang-barang rumah tangga dari rumah mereka setelah banjir yang disebabkan oleh Topan Vamco (REUTERS/Eloisa Lopez)
-
Sebuah atap digambarkan terendam banjir setelah Topan Vamco (REUTERS/Eloisa Lopez)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X