Mal di Jakarta Siap Beroperasi, Pengelola Butuh Kepastian Tanggal

- Senin, 18 Mei 2020 | 16:38 WIB
Ilustrasi petugas kebersihan membersihkan lantai pusat perbelanjaan. (Foto ANTARA/Agus Setiawan)
Ilustrasi petugas kebersihan membersihkan lantai pusat perbelanjaan. (Foto ANTARA/Agus Setiawan)

Mal-mal di Jakarta sudah dua bulan ini ditutup akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, kabarnya mal akan kembali dibuka pada 8 Juni mendatang.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan pihak pengelola sudah siap membuka. Namun masih menunggu tanggal pasti dari pihak pemerintah Pemprov DKI Jakarta.

"Terkait kapan mulai dioperasikan mal, pihak pengelola sudah siap setiap saat, namun kami butuh kepastian tanggal dari Pemprov DKI mengingat untuk mulai membuka kembali sebuah pusat belanja tidak bisa dilakukan bila tenantnya belum siap," kata Ellen Hidayat seperti dilansir ANTARA di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Lebih lanjut, Ellen mengatakan butuh sekitar satu pekan sebelum tanggal pembukaan dilakukan bagi para tenant untuk mempersiapkan karyawan dan juga bahan baku untuk kategori makanan dan minuman untuk bisa memulai usahanya. Tidak hanya itu, serangkaian protokol kesehatan juga tetap harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Semua karyawan mal dan tenant memakai bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan karakteristik jenis industrinya. selain itu disiapkan hand sanitizer di beberapa akses dan juga area yang menjadi area umum," kata Ellen.

-
Sejumlah pengunjung memilih pakaian yang dijual di sebuah Mal. (Foto ANTARA/Yusuf Nugroho)

Selain itu akan ada pengaturan jarak tanda agar konsumen mengikuti tata cara social distancing jika ada antrean baik di lift/travelator maupun di eskalator dan di area lain. Tempat duduk di area tempat makan juga akan diatur.

"Para tenant lainnya juga diminta mengatur tata cara agar ada social distancing sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankannya, misalnya untuk area kasir, (detail pelaksanaannya akan dilakukan di masing-masing tenant)," katanya.

Tidak hanya itu, disinfektan rutin terhadap area-area mal tetap akan dilakukan. Pengelola juga mengatakan tak akan ada batasan usia pengunjung mal.

"Asosiasi pengelola mal tidak pernah berencana melakukan pembatasan usia pengunjung ataupun tidak pernah berencana melakukan diskriminasi usia bagi pengunjung. Bilamana ada berita yang beredar tentang hal tersebut, maka berita tersebut berasal dari pihak yang tidak bertanggung jawab," pungkas Ellen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X